Minggu, 17 Nov 2019 08:00 WIB

5 Manfaat Pijat Payudara, Jaga Penampilan hingga Detoks Racun Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Massage atau pijat diketahui punya banyak manfaat kesehatan (Foto: iStock) Massage atau pijat diketahui punya banyak manfaat kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Payudara merupakan salah satu area yang sangat penting dan sensitif bagi wanita. Hal ini yang membuat bagian itu sering menjadi objek terkait rangsangan seksual. Area payudara juga menjadi aset yang selalu dijaga kebersihannya hingga bentuknya.

Tidak jarang, sebagian wanita bahkan rela merogoh kocek yang dalam untuk memberikan perawatan. Selain perawatan, memberikan pijatan secara pribadi di area tersebut juga sangat bermanfaat, terutama untuk menjaganya tetap kenyal.

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa manfaat ini juga bisa didapat setelah memijat payudara.



1. Melancarkan peredaran cairan limfatik

Saat seorang wanita memakai pakaian ataupun bra yang terlalu ketat, dapat membuat peredaran cairan limfatik terhambat. Limfatik sendiri merupakan suatu sistem sirkulasi sekunder, yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh.

Untuk merangsangnya agar lancar kembali, coba berikan pijatan lembut di bagian payudara dan ketiak untuk membuat cairan getah bening itu mengalir seperti seharusnya.

2. Menjaganya tetap kenyal

Ketika kamu memberikan pijatan lembut dan perlahan pada payudara secara teratur, bisa menjaganya agar tetap kenyal. Pijatan ini berfungsi untuk mengencangkan bagian otot-otot payudara yang rawan kendur, sehingga 'si kembar' tetap kencang dan kenyal.

3. Mencegah kanker payudara

Pada payudara, sel-sel penyakit ganas seperti kanker, dapat terbentuk hingga menyebabkan benjolan. Saat tekanan dari luar diberikan saat awal benjolan terbentuk, itu akan memaksa sel yang menggumpal akan kembali ke bentuknya semula.

Pijat payudara juga bisa membantu untuk mendeteksi ada kelainan atau benjolan. Pastinya, dengan memberikan pijatan secara teratur dapat mengurangi risiko kanker.



4. Meredakan nyeri pada payudara

Memberikan pijatan pada payudara dapat menjadi teknik penyembuhan yang baik untuk rasa sakit atau nyeri yang muncul. Selain itu, rasa sakit yang terkait dengan jaringan parut yang menggantikan kulit luka setelah cedera bisa disembuhkan. Hal ini karena sentuhan lembut dan pijat bisa bersifat terapeutik atau terapi.

Pijat juga bisa melemaskan otot yang ada di payudara dari kekakuan atau ketegangan, yang biasanya akan membuat payudara membengkak.

5. Menghilangkan racun tubuh

Pijat payudara bisa menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh. Ini karena racun ini dapat menghambat sirkulasi sehat yang terjadi di payudara. Dengan pijatan itu, bisa memungkinkan banyak nutrisi yang mengalir ke jaringan payudara.



Simak Video "Tips Kurangi Rewel Bayi dengan Pijatan Lembut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)