Selasa, 19 Nov 2019 16:26 WIB

Dari Soda Susu Hingga Madu, Ramuan Ini Dipercaya Bisa Bersihkan Paru-paru

Firdaus Anwar - detikHealth
Tampaknya masih ada yang percaya soda susu bisa bersihkan paru-paru. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Tampaknya masih ada yang percaya soda susu bisa bersihkan paru-paru. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan paru-paru hitam viral di media sosial China. Paru-paru disebut milik seorang pasien pria berusia 52 tahun yang meninggal karena mengidap beberapa masalah paru-paru dan video direkam oleh ahli bedah di Wuxi People's Hospital di Jiangsu, China.

Diawali dari pasien yang telah mendaftarkan dirinya untuk mendonorkan organnya setelah meninggal. Namun setelah meninggal dinyatakan mati otak dan paru-parunya akan didonasikan, petugas medis menyadari ada yang tidak beres.

"Tes indeks oksigenasi awal menyatakan baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organnya, kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakannya," ujar dr Chen, dokter ahli bedah sekaligus yang memimpin operasi pada pria itu dikutip dari Daily Mail.

Cuplikan video paru-paru perokok yang viral.Cuplikan video paru-paru perokok yang viral.



Terkait hal tersebut di media sosial masih sering beredar pesan menyebut ada berbagai ramuan minuman yang bisa membantu 'bersihkan' paru-paru dari efek buruk rokok. Sebagai contoh misalnya minuman soda susu.

"Cukup dengan susu soda,paru" bisa netral seperti semula... Jdi jgn heran kalo tiap kali ke warung yang jual susu soda,pasti aku pesan... Karna kesahatan itu lebih beharga dari apapun," tulis satu pengguna Facebook pada Oktober 2019 lalu.

Ada juga yang percaya ramuan bawang putih, jahe, dan madu bisa menghilangkan nikotin dan tar pada paru-paru.

Mengomentarinya ahli paru dari Rumah Sakit Persahabatan, dr Agus Dwi Susanto, SpP, menegaskan bahwa tidak ada metode yang bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia rokok. Artinya berbagai informasi tersebut bisa dipastikan bohong alias hoax.

"Nggak ada. Stop rokok! Itu saja," pungkas dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Paru Dokter Indonesia (PDPI) ini beberapa waktu lalu.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)