Minggu, 24 Nov 2019 08:30 WIB

Terpopuler Sepekan: Viral Paru-paru Menghitam Setelah 30 Tahun Merokok

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penampakan paru-paru menghitam karena rokok (Foto: Viral) Penampakan paru-paru menghitam karena rokok (Foto: Viral)
Jakarta - Kebiasaan merokok tanpa disadari memicu dampak mengerikan pada paru-paru. Terbukti pada seorang pria 52 tahun di China yang paru-parunya menghitam akibat kebiasaan merokok selama 30 tahun semasa hidupnya.

Keberadaan paru-paru hitam yang kemudian viral itu terungkap saat jenazah pria ini dibedah oleh tim dokter Wuxi People's Hospital. Mulanya, pria ini ingin mendonasikan paru-parunya setelah dinyatakan mati otak. Namun saat dibedah, didapatkan fakta mengejutkan.

"Tes indeks oksigenasi awal menyatakan baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organnya, kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakannya," ujar dr Chen yang memimpin operasi, dikutip dari Dailymail.



Praktisi kesehatan dari RS Paru Persahabatan, dr Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR, menjelaskan bahwa paru-paru menghitam bukan hal yang asing pada perokok. Semakin banyak rokok yang diisap, makin banyak karbon yang menumpuk di paru-paru dari sisa pembakaran.

"Baru tahu kalau paru perokok hitam? Itu dari lama juga sudah banyak info tersebut. Searching saja pasti sudah banyak tentang ini," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).

Soal berbagai resep untuk membersihkan paru-paru dari efek rokok, dr Agus menegaskan tidak bukti bahwa semua itu benar-benar efektif. Satu-satunya cara menjaga kesehatan paru adalah berhenti merokok.

Selengkapnya tentang paru-paru menghitam karena kebiasaan merokok, bisa disimak DI SINI.



Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)