Selasa, 19 Nov 2019 17:32 WIB

Destinasi Wisata Sehat Pilihan Menkes Terawan dan Wishnutama, Mana Saja?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Lamhot Aritonang) Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Sebagai wujud pelaksanaan wisata kesehatan atau health tourism, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan Menteri Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Wishnutama, memilih beberapa daerah untuk dijadikan sebagai pilot project pengembangan wisata kesehatan. Di antaranya yakni Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang), Bali, dan DKI Jakarta.

Pemilihan tersebut berdasarkan keunikan yang dimiliki masing-masing daerah. Selain itu daerah yang dipilih pun punya kunjungan wisatawan yang tinggi.

"Itu (Joglosemar-red) kan ada Borobudur. Borobudur itu yang berkunjung puluhan ribu. Mau kita naikkan menjadi lebih berkualitas," sebut Menkes saat dijumpai di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

"Kita lihat potensi-potensi yang ada dulu satu persatu. Menjadi contoh lah. Kalau nggak ada contohnya gimana? Makanya nggak semua, harus fokus," sambungnya.



Pada kesempatan yang sama, Menparbekraf Wishnutama menyebut daerah yang dipilih dinilai memiliki keunikan tersendiri sehingga akan menarik kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

"Kita bisa mempelajari negara-negara lain kurang lebih menerapkan hal yang sama. Uniqueness ini kan kunci dari pariwisata sehingga akan menjadi daya tarik," kata Menpar.

Baik Menkes maupun Menpar meyakini pariwisata kesehatan memiliki prospek yang kian berkembang ke depannya. Hal tersebut kemudian yang menjadi rencana tujuan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)