Selasa, 19 Nov 2019 19:23 WIB

Dikeluhkan Cecep Reza Sebelum Meninggal, Gemuk Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cecep Reza pernah keluhkan berat badannya yang berlebih. Foto: Dok. Instagram/ccepreza_ Cecep Reza pernah keluhkan berat badannya yang berlebih. Foto: Dok. Instagram/ccepreza_
Jakarta - Artis Cecep Reza atau lebih familiar dengan panggilan 'Bombom' dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (19/11) sore tadi. Ia meninggal karena sakit jantung yang ternyata diidapnya sejak lama.

Sang mertua, Tuti Herawati mengatakan Cecep mengidap sakit jantung diduga karena kelebihan berat badan dan keturunan. Ia juga menyebutkan Cecep sempat menjalani diet.

"Keluhan ya karena dia overweight ya, dia diet gitu aja, ya memang selama ini dia sudah berusaha untuk diet, sudah ngobrol sama aku pengin agak kurus, memang sudah ada perubahan, tapi memang keturunan," ujar Tuti.

"Satu berat badan, yang kedua mungkin karena faktor keturunan ya," tegasnya.

Menurut ahli jantung, dr Vito dr Vito A Damay, SpJP, obesitas termasuk ke dalam faktor risiko dari penyakit jantung.

"Salah satu penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak adalah serangan jantung. Nah faktor risiko yang mempengaruhinya, diantaranya obesitas, diabetes atau kolesterol yang mungkin tidak disadari bahkan diketahui, tapi bisa juga karena perokok," jelasnya pada detikcom, Selasa (19/11).

dr Vito mengatakan, hal ini bisa saja terjadi karena dipengaruhi gaya hidup yang dijalaninya sehari-hari dan tidak sehat.

"Untuk mencegah hal ini terjadi, diet saja tidak cukup. Yang terpenting adalah rutin melakukan medical check dan menjalani rekam jantung. Ini diperlukan agar kita mengetahui jantung kita dalam keadaan sehat atau tidak," imbuhnya.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)