Rabu, 20 Nov 2019 10:12 WIB

Almarhum Cecep Reza 'Bombom' Sempat Akan Diet Karbo, Diet Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Rumah duka Cecep Reza Bombom / Pingkan A Foto: Rumah duka Cecep Reza Bombom / Pingkan A
Jakarta - Artis Cecep Reza yang populer dengan perannya sebagai Bombom di sinetron Bidadari meninggal dunia di usia 31 tahun pada Selasa (19/11/2019). Cecep Reza meninggal disebut karena penyakit jantung, namun selain itu ia diketahui juga memiliki riwayat diabetes dan sempat disarankan oleh dokter diet karbo.

"Kemarin dia harus operasi kan, dokter juga menyarankan lebih baik dia diet karbo. Karena kan dia ada diabetesnya juga jadinya untuk menyehatkan lagi aja. Pola hidupnya dirubah, makan makanannya jadi lebih sehat lagi aja daripada sebelumnya," kata Ritsu, adik ipar Cecep Reza.


Diet karbo adalah diet yang sering diterapkan saat seseorang ingin menurunkan berat badan. Sesuai namanya al ini dilakukan dengan membatasi asupan kalori, mengeliminasi sejumlah karbohidrat.

Praktisi kesehatan dr Ervina Hasti menyarankan agar diet berhasil hindari karbohidrat sederhana seperti nasi, mi, roti, dan tepung. Lakukan pengurangan karbohidrat secara bertahap agar tubuh bisa menyesuaikan diri sehingga mengurangi risiko perasaan hilang energi bahkan hingga sembelit.


Perlu diketahui saat menjalani diet karbo bukan berarti sama sekali mengurangi asupan karbohidrat. Kalori dari karbohidrat menurut dr Ervina tidak bisa digantikan dengan asupan lain.

Sama sekali tidak mengkonsumsi karbo tidak disarankan karena tubuh kita masih tetap membutuhkan energi yang berasal dari karbo dan tidak dapat tergantikan oleh lemak atau protein," ujar dr Ervina beberapa waktu lalu.

Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga secara rutin. Tujuannya agar membantu sistem kardiovaskuler bekerja lebih efisien sehingga kebugaran tubuh bisa dijaga dengan lebih baik.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)