Rabu, 20 Nov 2019 14:12 WIB

Kulit Ashanty Bentol-Bentol Efek Autoimun? Ini Kata Ahli Kulit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ashanty mengabarkan tubuhnya muncul bentol-bentol. Efek autoimun? (Foto: Hanif Hawari/detikHOT) Ashanty mengabarkan tubuhnya muncul bentol-bentol. Efek autoimun? (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Beberapa waktu lalu salah satu penyanyi Tanah Air, Ashanty, didiagnosis mengidap penyakit autoimun. Tapi hingga saat ini jenis dari penyakitnya belum diketahui secara pasti.

Belakangan Ashanty dilaporkan tengah dirawat di rumah sakit karena muncul bentol-bentol di sekujur tubuhnya. Menurut pengakuan suaminya, Anang Hermansyah, bentol-bentol ini muncul seperti alergi yang tidak wajar.

"Kalau ngomong hasil (penyakitnya), yang akan akurat harus nunggu 5 hari ke depan. Karena hasilnya semua akan disatukan karena ada juga yang ke luar negeri datanya supaya kepastiannya seperti apa," ungkap Anang saat ditemui di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.


Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, penyakit autoimun memang benar ada yang bisa berefek pada kulit. Misalnya saja sjogren syndrome yang gejalanya diketahui hanya muncul pada kulit.

"Ya betul, memang betul ada autoimun yang bisa mengenai kulit (efek) atau hanya memang terjadi pada kulit," jelasnya saat ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Namun, dr Dian menerangkan bahwa bahasan atau 'keluarga' dari penyakit autoimun ini luas. Jadi perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk bisa mengetahui jenis autoimun yang diidap Ashanty saat ini.

"Tapi itu balik lagi ke jenis autoimunnya. Karena sampai sekarang belum diketahui secara pasti jenis autoimun yang diidap Ashanty, jadi bentol-bentol itu masih diduga berkaitan sama penyakitnya itu," imbuhnya.



Simak Video "Lebih Dekat dengan Komunitas Autoimun Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)