Kamis, 21 Nov 2019 05:50 WIB

Pertama di Dunia, KB Suntik untuk Pria Lolos Uji Klinis di India

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tinggal selangkah lagi KB suntik untuk pria bakal terwujud (Foto: iStock) Tinggal selangkah lagi KB suntik untuk pria bakal terwujud (Foto: iStock)
Jakarta - Para ilmuwan di India tinggal selangkah lagi meluncurkan KB suntik untuk pria. Metode kontrasepsi yang diklaim pertama di dunia ini telah melalui uji klinis dan tengah didaftarkan izin edarnya.

KB suntik yang dimaksud diberi nama RISUG, singkatan dari Reversible Inhibition of Sperm Under Guidance.

Dalam uji klinis, RISUG yang dikembangkan The Indian Council of Medical Research (ICMR) memberikan efek kontrasepsi selama 13 tahun. Disebut-sebut bakal menggantikan vasektomi, satu-satunya metode KB permanen untuk pria saat ini.

"Pengujian selesai, termasuk uji klinis fase 3 yang diperpanjang dengan 303 kandidat direkrut dan tingkat kesuksesan 97,3 persen dan tanpa ada laporan efek samping," kata Dr RS Sharma, peneliti senior ICMR, dikutip dari Hindustantimes, Kamis (21/11/2019).



KB suntik ini mengandung polimer yang diinjeksikan di bawah anestesi lokal pada vas deferens, yakni saluran dalam sistem reproduksi pria yang dilalui sperma. Pada vasektomi, saluran ini dipotong atau diikat melalui metode operasi.

Di Amerika Serikat, KB suntik sejenis tengah dikembangkan dengan nama Vasalgel. Pada 2017, sebuah studi menyebut Vasalgel efektif mencegah kehamilan pada monyet tetapi masih harus diuji efektivitasnya pada manusia.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)