Kamis, 21 Nov 2019 08:04 WIB

Media Gambar Jadi Cara Ngobrol Dian Sastro dengan Anak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dian Sastro menceritakan pengalamannya memiliki anak berkebutuhan khusus. (Foto: Delia/detikHOT) Dian Sastro menceritakan pengalamannya memiliki anak berkebutuhan khusus. (Foto: Delia/detikHOT)
Jakarta - Artis Dian Sastro kembali berbagi informasi dan pengalaman memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK), dengan spektrum autisme. Kali ini ia menceritakan bagaimana anaknya lebih tertarik dengan penjelasan yang menggunakan media gambar.

"Saya juga punya pengalaman, karena biasanya anak yang pertama saya dalam spektrum autisme lebih tertarik ke visual, daripada menjelaskan dan mendengar dengan audio," katanya saat ditemui di sebuah acara, di daerah Jakarta Selatan, Rabu (20/11).


Dian selalu menggunakan gambar atau visual sebagai medianya dalam berkomunikasi dengan anak. Ini dilakukan agar si anak bisa lebih memperhatikan dan mengerti apa yang disampaikan olehnya.

"Jadi biasanya kalo aku mau menjelaskan sesuatu ke dia, ya dengan gambar konsep gitu. Dengan itu, dia jauh lebih happy dan fokus, daripada kalau dibilangin secara verbal," imbuhnya.

Cara ini menjadi salah satu yang selalu diterapkan oleh Dian pada anaknya. Menurutnya, menggunakan seni gambar atau visual lebih bisa mendapatkan perhatian dari anak yang memang berkebutuhan khusus seperti anaknya.

"Ngga cuma saat komunikasi aja sih, kalau saya ceritain buku cerita dalam bentuk gambar, dia jadi lebih tertarik sama ceritanya, daripada cuma saya bacain aja. Dia jadi lebih bisa fokus," ujar Dian.



Simak Video "Tips Diet ala Dian Sastrowardoyo Setelah Makan Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)