Kamis, 21 Nov 2019 17:05 WIB

Artis Pamer Saldo ATM Termasuk Gangguan Narsistik? Ini Kata Dokter Jiwa

Firdaus Anwar - detikHealth
Gangguan narsistik tidak bisa dilihat hanya dari tindakan pamer saldo ATM. (Foto: iStock) Gangguan narsistik tidak bisa dilihat hanya dari tindakan pamer saldo ATM. (Foto: iStock)
Jakarta - Belakangan ini banyak artis ikut tren pamer saldo ATM. Diawali dari Uya Kuya yang bongkar-bongkaran isi 'dompet' digital milik Barbie Kumalasari dan kemudian diikuti Billy Syahputra yang 'ngoprek' sisi tajir Nikita Mirzani.

Tren pamer saldo ATM artis ini menjadi perbincangan banyak orang. Beberapa bahkan ada yang mengaitkannya dengan gangguan narsistik.

Ahli kesehatan jiwa dr Alvina, SpKJ, dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Barat menjelaskan belum tentu para artis yang pamer saldo ATM memiliki gangguan narsistik. Biasanya pamer yang berkaitan dengan gangguan narsistik akan disertai ciri lain seperti merasa diri paling penting, fantasi berlebih, kurang empat, mudah iri, hingga yakin bahwa dirinya unik.


"Untuk kasus public figure, bisa saja perilaku memamerkan harta adalah bagian dari pekerjaan mereka di dunia hiburan untuk meningkatkan popularitas mereka," kata dr Alvina dalam siaran pers yang diterima detikcom pada Kamis (21/11/2019).

Oleh karena itu dr Elvina menjelaskan perlu evaluasi lengkap sebelum bisa mengatakan artis yang pamer saldo ATM memiliki gangguan narsistik.

Narsistik sendiri dalam ilmu kejiwaan termasuk ke dalam salah satu bentuk gangguan kepribadian. Mereka yang mengalaminya akan memperoleh kepuasan ketika dirinya dianggap penting atau istimewa oleh orang lain.

Dampak dari gangguan narsistik ini bila tak ditangani dengan baik dapat berujung pada masalah kejiwaan lain. Contohnya seperti gangguan mood ataupun muncul masalah dalam relasi.



Simak Video "Begini Atasi Pertanyaan "Kapan Nikah?" "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)