Jumat, 22 Nov 2019 08:08 WIB

Ingin Hilangkan Bentol Karena Nyamuk? Coba dengan Cara Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Gigitan nyamuk dapat meninggalkan bentol di kulit. (Foto: Thinkstock) Gigitan nyamuk dapat meninggalkan bentol di kulit. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Gigitan nyamuk seringkali meninggalkan bekas seperti bentol-bentol di kulit. Tentunya ini membuat kulit gatal dan terasa tidak nyaman.

Rasa gatal yang timbul terjadi karena nyamuk meninggalkan sedikit air liurnya. Hal ini direspon oleh sistem imun tubuh dan terjadilah rasa gatal dan tidak nyaman.

Pada sebagian orang, bentol-bentol ini akan hilang dalam waktu yang cukup lama. Untuk menghilangkannya, beberapa cara yang dikutip dari Medical News Today ini bisa kamu coba.


1. Es

Suhu dingin dapat memperlambat perkembangan peradangan. Kompres daerah yang digigit nyamuk dengan es, agar mengurangi peradangan, gatal, dan rasa tidak nyaman. Hindari kontak es dengan kulit secara langsung, kamu bisa lapisi dengan kain atau handuk terlebih dahulu.

2. Antihistamin

Oleskan antihistamin pada bekas gigitan nyamuk untuk bantu mengatasi rasa gatal. Sebuah studi menunjukkan, bahwa antihistamin ini merupakan obat yang efektif untuk mengatasi gigitan nyamuk.

3. Lidah buaya

Beberapa penelitian menunjukkan, lidah buaya dapat mengobati kerusakan pada kulit, termasuk psoriasis. Lidah buaya atau aloe vera ini juga terbukti memiliki anti-inflamasi dan penyembuh luka, sehingga bisa membantu mengurangi peradangan akibat gigitan nyamuk yang berupa bentol-bentol.

4. Madu

Madu juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka. Sama seperti lidah buaya, mengoleskan madu ke bekas gigitan nyamuk bisa mengurangi peradangan dan mencegah terjadinya infeksi. Madu juga bisa berfungsi untuk menenangkan kulit yang sering terpapar matahari dan polusi.



Simak Video "Lagi Bete? Makan Es Krim Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)