Minggu, 24 Nov 2019 09:32 WIB

Viral Foto Kacang Nyangkut di Saluran Pernapasan Gara-gara Tersedak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Organisasi perawat Nurse CPD Units mengunggah gambar kacang yang tersangkut di saluran pernapasan akibat tersedak. (Foto: Viral)
Jakarta - Organisasi perawat Nurse CPD Units mengunggah gambar untuk memperingatkan bahaya tersedak. Gambar tersebut menunjukkan sebuah kacang tersangkut di saluran pernapasan seorang anak dan mengakibatkan paru-parunya mati lemas.

Dikutip dari Mirror, Nurse CPD Units menyarankan orangtua selalu berhati-hati dalam mengawasi anak. Tersedak yang menghambat jalur pernapasan bisa berdampak fatal pada anak.


Gambar yang diunggah ke laman Facebook ini telah mendapat 2.600 komentar dan dibagikan sebanyak 14 ribu kali. Nurse CPD Units juga menyertakan pesan pada gambar tersebut, berikut isinya:

"Berbagai jenis kacang punya ukuran sama dengan saluran pernapasan anak, yang berusia kurang dari 4-5 tahun. Risiko meninggal lemas karena tak bisa bernapas nyata, namun bukannya tidak bisa dihindari. Caranya adalah dengan tidak menawarkan buah kering utuh, popcorn, kacang, dan berbagai jenis makanan yang menyerupai ukuran permen kecil. Kematian tidak bisa diulang. Cara terbaik menghindari kematian adalah dengan mencegahnya."

Seorang anak sangat mudah tersedak atau yang juga kerap disebut keselek. Orangtua biasanya panik dan takut saat melihat anaknya keselek dan tidak bisa napas. Berbagai usaha akan dilakukan orangtua untuk mengeluarkan benda yang menyebabkan anak tersedak.

Memotong makanan dengan ukuran lebih kecil akan memudahkan anak menelan. Hal ini menekan risiko anak mengalami tersedak. Selain itu, orangtua harus memastikan anak mengambil makanan yang telah dipotong bukan yang lebih besar.



Simak Video "Ada yang Tersedak? Coba Teknik Hiemlich"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)