Minggu, 24 Nov 2019 15:48 WIB

Pidato Nadiem Makarim Soal Guru Viral, Begini Tanggapan Psikolog Anak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Psikolog anak tanggapi pidato Hari Guru Nadiem. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pidato untuk Hari Guru yang akan disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjadi viral di kalangan warganet. Dalam pidatonya, Nadiem mengangkat berbagai masalah guru dan mengaku tak akan memberi janji kosong.

Teks pidato yang bakal dibacakan pada upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2019 itu diunggah di situs Kemdikbud sejak Jumat (22/11).

"Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Nadiem di awal teks pidato, seperti dilihat detikcom, Minggu (24/11/2019).

Menurut Nadiem, tugas guru yang merupakan termulia dan tersulit. Baginya guru di Indonesia ditugasi membentuk masa depan bangsa namun lebih sering diberi aturan dibanding pertolongan.


Menyoal hal tersebut, psikolog anak Ratih Ibrahim, SPsi memberikan pendapat bahwa ia memercayai pendapat Nadiem dan kinerjanya ke depan sebagai Mendikbud untuk mencetak anak bangsa yang lebih baik.

"Untuk itu guru yang antusias, yang bekerja dengan passion, passionate adalah guru yang membantu anak-anak didik tumbuh menjadi pribadi yang serupa dengan dia. Karena guru adalah teladan. Kita butuh guru yang gembira dan positif," kata Ratih kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (24/11/2019).

Ratih berharap tim di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta semua unsur dan jajaran yang terlibat dalam mengupayakan pendidikan yang baik bagi anak bangsa, pemerintah daerah, hingga ke seluruh pelosok negeri mendukung kerja Nadiem.

"Saya percaya pada Nadiem. Beliau bukan pribadi yang ber-omong kosong. Saya melihat harapan baik terhadap masa depan pendidikan bangsa kita," pungkasnya.



Pidato Nadiem Makarim Soal Guru Viral, Begini Tanggapan Psikolog Anak


Simak Video "Saat Anak-anak Disabilitas Semangat Berlatih Pencak Silat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)