Senin, 25 Nov 2019 10:12 WIB

Goo Hara Pernah Depresi, Ini Alasan Idol Kpop Rentan Mengalaminya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Goo Gara sempat mengalami depresi. Foto: Dok. Instagram/koohara_
Jakarta - Sebelum ditemukan meninggal dunia pada 24 November pukul 18.00 waktu Korea Selatan, Goo Hara pernah memiliki riwayat depresi. Gejala depresinya disebut-sebut penyebab dirinya sempat melakukan percobaan bunuh diri pada bulan Mei lalu.

Selain Goo Hara, banyak Kpop Idol lainnya yang juga mengalami depresi, seperti Taeyeon SNSD, Alm Sulli Eks f(x), dan Alm Jonghyun SHINee. Mengapa Kpop Idol rentan mengalami depresi?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Phenomenological Psychology menuliskan, selebriti bisa mengalami beban ketenaran yang membuat mereka sulit menjadi diri sendiri. Mereka harus membagi kepribadian, satu untuk tampil di depan umum dan lainnya ketika bersama teman atau keluarga.

Beban ketenaran membuat selebriti seperti terisolasi. Sulit bertemu keluarga, tak mudah percaya dengan orang lain dan sering alami stres.



Ditambahkan oleh psikolog Michel Reynaund dari Paul Brosse Hospital, Paris, selebriti ternama rentan mengalami depresi bahkan gangguan kejiwaan. Bukan hanya selebriti, musisi ataupun seniman pada dasarnya memiliki sensitivitas lebih tinggi secara emosional. Meskipun baik untuk pengembangan karir, namun sensitif secara emosional bisa berdampak buruk pada kerentanan mengidap gangguan kecemasan.

"Mereka lebih mudah merasakan emosi, yang bisa saja menghasilkan berbagai masterpiece. Namun hal ini membuat mereka juga lebih rentan mengalami gangguan kecemasan, depresi dan perubahan mood tak menentu," tuturnya dikutip News Max.

Kondisi depresi tidak bisa diremehkan dan harus ditangani secara profesional. Disarankan untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater jika mengalami gejala depresi. Dikutip dari WebMD, berikut gejala depresi yang harus diperhatikan.

- Merasa sedih, kosong, dan cemas yang tak kunjung membaik.
- Merasa tidak berdaya atau tidak berharga.
- Putus asa. Percaya bahwa tidak akan ada hal yang baik nosa terjadi.
- Merasa gelisah terus menerus.
- Tidak minat untuk melakukan apapun, bahkan hobi.
- Merasa sangat lelah sepanjang hari.
- Sulit berkonsentrasi bahkan di hal-hal sederhana seperti membaca koran atau nonton TV.



Goo Hara Pernah Depresi, Ini Alasan Idol Kpop Rentan Mengalaminya


Simak Video "Soal Kesehatan Mental, Jangan Diagnosis Diri Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)