Selasa, 26 Nov 2019 11:50 WIB

Disangkal Agnez Mo, Memangnya Apa Itu 'Darah Indonesia'?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Agnez Mo akui tak memiliki darah Indonesia. Foto: Getty Images
Jakarta - Agnez Mo sontak membuat netizen heboh di media sosial. Pasalnya dalam sebuah wawancara dengan Build Series by Yahoo, Agnez menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

"Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia," ucapnya.

Bicara soal genetika dan kekerabatan, ahli genetika sekaligus periset dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati Sudoyo, PhD menyebut memang tidak ada 'darah' murni Indonesia. Bahkan orang Indonesia sendiri tidak berasal dari suku tertentu.

"Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) serta karakter lain pada keturunannya," katanya saat diwawancarai detikcom pada Sabtu (19/10/2019).



Kondisi inilah yang menjadikan Indonesia unik dengan keberagamannya dan berbeda dengan negara lainnya yang memiliki satu suku saja. Dengan keberagaman tersebut, orang Indonesia sendiri memiliki DNA yang kompleks. Hal ini juga menjawab bahwa sebetulnya tidak ada suku tertentu yang bisa dibilang menjadi benar-benar berdarah asli Indonesia.

"Kita punya lebih dari 500 suku. Masing-masing suku punya DNA kompleks yang menjadi sumber keragaman asal orang Indonesia," imbuh Prof Hera.

Bukan hanya suku, keberagaman orang-orang Indonesia, mulai dari perbedaan warna kulit, bentuk rambut, hingga karakter sifat kerap menjadi pertanyaan besar. Lantas, berasal dari manakah nenek moyang Indonesia?

Prof Hera pernah mengungkapkan manusia Indonesia sebenarnya berasal dari Afrika, yaitu tempat asal usul Homo sapiens.

"Kita semua orang ini asalnya Afrika, dan itu sudah diterima secara konsensus. Bahwa asal usul kita dari Afrika," ujarnya saat paparan dalam acara Sains di Medan Merdeka di Perpustakaan Nasional RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).



Simak Video "Menelisik soal 'Darah Indonesia' yang Heboh Gara-gara Agnez Mo"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)