Selasa, 26 Nov 2019 14:38 WIB

Goo Hara Pernah Mengalami Depresi, Apa Depresi Bisa Menular?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selain Sulli, Goo Hara juga pernah mengalami depresi. Foto: Instagram
Jakarta - Belum lama, kabar duka kembali datang dari jagat hiburan Kpop. Mantan grup idol Kara, Goo Hara ditemukan meninggal dunia di kediamannya, pada Minggu (24/11) waktu Korea Selatan.

Semasa hidupnya, ia dikenal sangat dekat dengan Choi Jin-Ri atau Sulli mantan personil grup idol f(x). Keduanya juga diketahui pernah mengalami atau mengidap salah satu gangguan mental yaitu depresi.

Sebenarnya, apakah depresi itu bisa dipicu atau mungkin menular dari orang lain?

Psikiater dari RS Omni Hospital BSD, dr Andri SpKJ, FCLP pernah mengatakan depresi tidak dapat menular dengan mudahnya. Orang yang mengalami masalah dengan depresi pastinya malah ingin keluar dari keadaan itu.

"Dibilang bisa men-trigger orang lain untuk depresi atau tidak, kembali lagi ke orangnya sendiri. Jika dia berada pada lingkungan yang kurang baik dan memiliki potensi untuk mengalami depresi, dia juga bisa mengalaminya," jelasnya saat diwawancarai detikcom, Selasa (26/11/2019).

Meskipun bisa menular, menurut dr Andri hal itu juga dipengaruhi oleh keadaan orang tersebut. Jika ia memiliki faktor genetik yang bisa mengalami depresi, lalu berhubungan dekat dengan orang yang depresi, mungkin saja itu bisa terjadi.

Saat orang tersebut sudah muncul rasa-rasa kesedihan atau kadang merasa putus asa yang tidak signifikan, hal itu menandakan orang tersebut telah mengalami gejala-gejala dari depresi.

"Nah saat orang yang memiliki kemampuan depresi bertemu dengan orang yang depresi, itu bisa membuatnya ikut mengalami gejala depresi. Ini karena, dia bisa merasakan hal yang tidak nyaman yang sama dalam hidupnya. Akhirnya, bukannya saling mendukung untuk lebih baik, malah saling mempengaruhi ke arah yang kurang baik," kata dr Andri.

"Saran saya, mulai dari sekarang cari lingkungan yang lebih positif dari keadaan dirinya. Ini mencegah munculnya gejala depresi atau bahkan memperburuk keadaan depresi yang sedang diidapnya," tutupnya.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)