Rabu, 27 Nov 2019 12:39 WIB

Bisa Ultah Sampai Punya Cucu-Cicit, Ini Rahasia Panjang Umur

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Konsumsi makanan sehat sangat penting bagi setiap orang terutama saat mencapai usia lanjut dan seterusnya. Seiring bertambahnya usia, mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan ketajaman mental, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit hingga berpotensi memiliki umur panjang.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur pada saat menginjak usia 60 tahunan, seseorang tentu memiliki kondisi tubuh yang berbeda dari mereka yang berada di usia sebelumnya. Pada usia ini, telah terjadi penurunan kondisi yang terbilang cukup signifikan.

"Mulai dari perubahan secara emosional-psikososial sampai perubahaan secara fisik. Perubahan fisik terjadi mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Seperti rambut mulai kusam, pendengaran mulai berkurang, hingga tulang mulai osteoporosis," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.


dr Muliaman menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di usia senja ini. Meskipun faktor usia berpengaruh terhadap kondisi seseorang, kita tetap bisa mengantisipasi dengan memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada saat usia 60 tahunan.

"Misal untuk penyakit organ dalam harus rutin check laboratorium dan medical check up. Sedangkan untuk penyakit bagian yang luar (sosial) kalau punya waktu untuk menjaga dan memperlambat dapat dilakukan dengan cara mencintai hidup dengan berbagi sesama," terangnya.

"Seperti bermain dan sering berkumpul keluarga anak cucu, rutin melakukan sesuatu yang bermanfaat, olahraga secara teratur 30 menit per hari, konsumsi makanan yang bergizi, terutama minum air putih 8 gelas sehari dan tidur yang cukup 6-8 jam sehari (digabung siang-malam)," imbuhnya.


Selain itu, makan dengan baik juga bisa menjadi kunci untuk pandangan positif dan tetap seimbang secara emosional. Karenanya, konsumsi makanan sehat yang berserat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berdampak pada umur yang panjang.

Nah salah satu asupan yang mengandung serat tinggi bisa bersumber dari sayuran nabati. Jika tidak mau repot bisa dikonsumsi melalui susu seperti Entrasol Senior. Biasanya orang tua yang sudah lama tidak minum susu akan merasa perut jadi kembung, sakit, sampai diare. Dengan Entrasol Senior, minum susu akan lebih aman karena kandungan laktosanya yang sangat rendah kurang dari 1 gr/gelas.

Susu ini merupakan nutrisi harian tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro seseorang di usia 60 tahun ke atas. Sehingga tetap aktif dan memiliki kualitas hidup yang baik saat bertambahnya usia. (prf/up)