Jumat, 29 Nov 2019 09:30 WIB

Lutut Kopong Karena Kebanyakan Masturbasi? Begini Kata Ahli Orthopedi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Benarkah nyeri lutut disebabkan karena kebanyakan masturbasi? (Foto: thinkstock) Benarkah nyeri lutut disebabkan karena kebanyakan masturbasi? (Foto: thinkstock)
Jakarta - Masturbasi atau onani adalah tindakan untuk mendapat rangsangan seksual dengan menyentuh area sensitif atau organ vitalnya. Seringkali, seseorang melakukan masturbasi untuk meluapkan atau memuaskan gairah seksual mereka.

Pria yang terlalu sering masturbasi akan mudah merasa lelah. Selain itu, biasanya mereka akan mengeluhkan lutut terasa kaku dan selalu ada bunyi 'krek'. Lalu benarkah keluhan itu disebabkan karena masturbasi?

"Nggak ada hubungannya, mitos itu," tegas spesialis orthopedi foot and ankle dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Langga Sintong, SpOT, saat dijumpai detikcom di daerah Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019).


Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat lutut terasa kaku dan berbunyi. Adapun nyeri yang dirasakan lebih sering karena terdapat gangguan di sendi lutut.

"Kita sebutnya snapping, sebabnya macam-macam. Tulang kita nggak halus kan jadi biasa ada bunyi. Kalau lama-lama dibiarkan terus ya radang. Biasanya bunyi kalau pada usia tua itu ya karena pengapuran," paparnya.

Lutut yang berbunyi pun sebenarnya tidak menimbulkan masalah yang serius. Namun jika lutut sering terasa nyeri setelah jatuh, ada baiknya memeriksakan diri sebab bisa saja terdapat robekan pada ligamen yang tidak disadari.



Simak Video "Waspada! Ini Mitos Paru-paru Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)