Jumat, 29 Nov 2019 10:50 WIB

Tinggal di Negara Tropis, Kok Bisa-bisanya Kekurangan Vitamin D?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sinar matahari berlimpah, harusnya tidak ada yang kekurangan vitamin D (Foto: thinkstock) Sinar matahari berlimpah, harusnya tidak ada yang kekurangan vitamin D (Foto: thinkstock)
Jakarta - Mulai dari usia muda hingga tua membutuhkan vitamin D pada tubuh. Manfaat yang diberikan dari vitamin ini pun sangat banyak, seperti kesehatan tulang, otot, dan gigi.

Cara mendapatkan vitamin D juga sangat mudah. salah satunya hanya perlu terkena sinar matahari langsung secara cukup, maka tubuh akan memproduksi vitamin D pada kulit.

Paparan sinar matahari yang cukup, dianggap sangat penting untuk keberhasilan tubuh menghasilkan vitamin D. Menurut penelitian jika terkena sinar matahari selama 20 menit, maka vitamin D yang dapat dihasilkan tubuh sebanyak 10 ribu.

Menurut Spesialis orthopedi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Langga Sintong, SpOT, masyarakat Indonesia masih banyak kekurangan vitamin D pada tubuhnya.

"Indonesia itu kan negara tropis, harusnya kita enggak kekurangan vitamin D kan, tapi kalau dicek banyak sekali kurang vitamin," kata dr Langga saat ditemui detikcom, pada Kamis (28/11/2019).



Faktor penyebab kekurangannya pun orang-orang saat ini lebih takut kulitnya menjadi gosong jika terkena sinar matahari, padahal sinar matahari yang cukup itu baik untuk tubuh agar bisa mendapatkan vitamin D.

"Karena takut panas matahari, takut gosong, kita kerja di bawah gedung, coba deh kita cek kurang deh saya yakin," tambah dr Langga.

Sengaja menghindari sinar matahari, bisa membuat tubuh menjadi kekurangan vitamin D. Dampaknya pun sangat banyak, mulai dari cepat lelah hingga autoimun (kondisi ketika kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

"Dampak kekurangan vitamin D, cepet capek, nyeri-nyeri otot, migrain. Sekarang banyak diumumkan autoimun, kesuburan, dan lain-lain," jelas dr Langga.



Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)