Minggu, 01 Des 2019 16:16 WIB

Beri Lencana Khusus untuk Karyawan Haid, Toko Ini Malah Diprotes

Firdaus Anwar - detikHealth
Lencana karyawan haid di Jepang yang diprotes masyarakat. Foto: BBC/WWD Japan
Jakarta - Toko serba ada di Jepang, Daimaru, menuai protes saat mengeluarkan lencana khusus yang bisa dipakai karyawan sedang haid. Niat awalnya untuk membantu para karyawan wanita sehingga bisa mendapatkan keringanan saat bekerja.

Seorang juru bicara toko, Yoko Higuchi, mengaku lencana tersebut dibuat untuk sekitar 500 karyawan wanita. Di dalamnya terdapat tokoh kartun bernama Seiri yang dipakai sebagai maskot.


Namun demikian pada saat kebijakan dikenalkan banyak komplain datang dari masyarakat. Beberapa menyebut potensi keusilan dengan berbagi informasi menstruasi ini.

"Tapi ada juga yang menanggapi positif. Bila Anda misalnya melihat rekan kerja yang sedang haid, Anda mungkin bisa menawarkan bantuan mengangkat barang-barang berat atau memberikan waktu istirahat lebih lama. Dukungan seperti ini akan saling menguntungkan," kata Yoko seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/11/2019).

Pihak Daimaru tidak akan mencabut kebijakan lencana khusus haid meski ada protes. Namun demikian menurut Yoko ke depannya akan lebih hati-hati berbagi informasi sehingga tidak meresahkan masyarakat.



Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)