Senin, 02 Des 2019 05:00 WIB

Semangat Kakek Penjual Jasa Timbang Badan di Stasiun Bogor yang Viral

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penjual jasa timbang badan dan ukur tensi  (Foto: Nafila Sri Sagita K) Penjual jasa timbang badan dan ukur tensi (Foto: Nafila Sri Sagita K)
Topik Hangat Timbang Badan Keliling
Jakarta - Di usia yang tak lagi muda, Abah Toing masih bersemangat 'mempromosikan' gaya hidup sehat. Ia adalah seorang penjual jasa timbang badan dan ukur tensi di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dekat Stasiun Bogor.

Sosoknya viral di media sosial baru-baru ini. Berbekal timbangan digital dan alat ukur tensi elektrik, Abah selalu mangkal di tempat itu untuk melayani para pasiennya. Tarifnya Rp 5.000 untuk ukur tensi dan Rp 3.000 untuk timbang badan.

Kepada detikcom, Abah Toing mengaku punya 5 anak dan 1 cucu. Meski usianya sudah 86 tahun, ia tetap kelihatan penuh semangat dan tak pernah kelihatan merasa lelah.

"Abah ngerasa kaya masih muda terus neng kalo kaya gini, coba tebak umur abah berapa, keliatan masih muda kan, padahal abah kelahiran tahun 33 neng, orang-orang nyangkanya abah masih 70-an lah," tuturnya saat ditemui baru-baru ini.

Dengan tarif begitu murah, pendapatan Abah Toing tentu tidak seberapa. Namun demikian, ia selalu menolak belas kasihan. Bila ada pelanggan membayar dengan uang lebih dan ia sedang tidak ada kembalian, tak jarang ia menggratiskan jasanya yang 'tak seberapa'.

Tarifnya murah meriah.Tarifnya murah meriah. Foto: Nafila Sri Sagita K


Sebagai penjual jasa keliling, Abah Toing juga pasrah bila harus kucing-kucingan dengan petugas ketertiban. Karenanya, ia selalu berpindah-pindah tempat mangkal.

"Ya kaya burung di sawah aja gitu neng, kan kalo ada orang pindah, kalo nggak ada orang balik lagi, kaya gitu aja neng naik turun tangga lumayan neng capek juga cuma abah mah masih kuat aja," kisahnya.

Punya kegiatan yang produktif rupanya menjadi salah satu alasan Abah Toing agar tidak jenuh lalu stres. Di usianya yang sudah tidak muda ini, berdiam diri hanya akan menambah pikiran.

"Daripada di rumah, istri udah nggak ada, aduh, jenuh deh di rumah bingung, mending di sini aja bebas neng nggak ada pikiran," tuturnya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Timbang Badan Keliling