Senin, 02 Des 2019 07:30 WIB

Alasan-alasan Mengapa Berenang Bisa Jadi Pilihan Olahraga Pagimu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Rutin berenang bisa bakar kalori. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Rutin berenang bisa bakar kalori. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Berenang sering dianggap sebagai aktivitas rekreasional, yang berarti hanya dilakukan saat ada waktu luang atau hanya untuk bersenang-senang. Padahal kenyataannya, aktivitas ini dapat membantumu membakar banyak kalori, mengencangkan tubuh dan bahkan menurunkan berat badan.

Merupakan olahraga low-impact yang bisa membantumu menghilangkan jumlah yang sama seperti saat kamu berlari dan tanpa membuat sendi sakit. Berenang adalah olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan, bisa dilakukan orang usia berapapun.

Untuk olahraga pagi, berenang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tapi ingat untuk tetap memakan makanan yang bersih dan sehat. Karena banyak sekali energi yang dikonsumsi saat berenang, dan kemudian air yang dingin dapat meningkatkan selera makan.


Maka tak jarang kita melihat orang yang baru saja berenang kerap mengonsumsi banyak makanan karena terasa sangat lapar. Hindari berlebihan makan dan makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan, atau semua usaha keras kamu akan sia-sia.

"Gaya berenang yang berbeda-beda memberikan manfaat berbeda dan membakar sejumlah kalori yang berbeda. Namun yang paling efektif dari semua gaya renang adalah gaya kupu-kupu. Gaya ini bisa membantu membakar 150 kalori dalam 10 menit jika dilakukan dengan benar. Gaya terbaik berikutnya adalah gaya bebas, yang bisa membantumu membakar 704 kalori dalam satu jam," tulis situs Times of India.

Jika motifmu berolahraga pagi untuk menurunkan berat badan dan kamu memilih untuk berolahraga, maka kamu membutuhkan usaha lebih besar. Kecepatanmu akan memastikan jumlah kalori yang akan kamu bakar.

Sehingga berenanglah lebih keras dan cepat dalam satu putaran, lalu biasa saja selanjutnya. Dengan ini akan mempercepat proses pembakaran lemak. Berenanglah di pagi hari sebelum sarapan, karena membuat tubuhmu dalam keadaan puasa dan akan memudahkannya untuk menggunakan lemak yang disimpan secara efektif, yakni menggunakannya sebagai energi dan kamu bisa menurunkan lebih banyak bobot.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)