Senin, 02 Des 2019 09:02 WIB

Ikan Sarden, Pilihan Menu Sarapan Sehat yang Bisa Cegah Penyakit Jantung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selain mencegah penyakit jantung, ikan sarden juga membantu mencegah kanker. (Foto: iStock) Selain mencegah penyakit jantung, ikan sarden juga membantu mencegah kanker. (Foto: iStock)
Jakarta - Ikan sarden telah ada sejak berpuluh tahun lalu. Meski banyak yang tidak suka karena rasanya yang kuat dan baunya yang menyengat, ikan sarden ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Ikan sarden disebut-sebut sebagai makanan yang super sehat untuk jantung. Ikan ini dikemas dengan sejumlah nutrisi. Selain mencegah penyakit jantung ikan sarden juga membantu mencegah kanker.

Ada beberapa alasan mengapa ikan sarden dianggap sebagai makanan sehat. Mengutip Healthline, sarden adalah salah satu makanan yang mengandung banyak sekai asam lemak dan omega-3 yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol.


Satu kaleng ikan sarden mengandung lebih dari 50 persen dari kebutuhan nutrisi harian. Sarden juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Vitamin B12 dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung karena mampu menjaga kadar homocysteine, hormon penyebab kerusakan dinding arteri, menjadi seimbang.

Selain itu, ikan sarden kaya akan protein. Protein sangat pentung untuk membentuk tulang dan otot yang sehat. Proyein juga membantu menciptakan antibodi yang menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Sarden adalah makanan yang sangat serbaguna. Mereka dapat digunakan dalam salad, sebagai camilan, atau sebagai hidangan utama.

Untuk ikan sarden kalengan yang dikemas dalam minyak, bilas perlahan di bawah air untuk menghilangkan minyak berlebih sebelum disajikan. Ikan sarden segar perlu dibersihkan dan dibilas dengan air dingin.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)