Kamis, 05 Des 2019 06:31 WIB

Duh! Alami Kecelakaan Sepeda, Mr P Remaja Ini Separuh 'Terkupas'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kecelakaan bersepeda berdampak fatal (Foto: Thinkstock) Kecelakaan bersepeda berdampak fatal (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Malang nasib seorang remaja di Inggris ini. Ia dilaporkan harus berakhir di meja operasi usai mencoba bersepeda dengan satu tangan dengan kecepatan rendah. Aksinya mengakibatkan kecelakaan dengan kerusakan yang cukup parah, yakni luka mengerikan di pangkal pahanya, skrotum kiri terbalik, dan penis yang separuh 'terkupas'.

"Laserasi berjalan 12-14 cm dari pangkal paha kiri melintasi pubis ke kanan dan 10 cm ke dalam perineum. Ini membalikkan skrotum kiri dan menurunkan sebagian penis. Corpus cavernosa dan tunica vaginalis terpapar hingga tingkat cincin inguinalis superfisial," tulis para penulis penelitian kasus ini, dalam BMJ Case Reports.

Menurut The Sun, luka remaja ini sudah dibersihkan dan jaringan yang rusak sudah diangkat. Para dokter bedah juga dilaporkan telah menutup lukanya setelah memantau kerusakan neurovaskular, esoknya ia diperbolehkan pulang dengan pengobatan antibiotik.



"Cedera setang menyebabkan trauma tumpul pada abdomen dijelaskan dengan baik di dalam jurnal, walaupun begitu, laporan adanya pengupasan jarang terjadi. Sebagian besar cedera yang terkait dengan sepeda adalah lecet kulit, namun, morbiditas yang luas telah dijelaskan dalam kaitannya dengan cedera sepeda, terutama cedera stang, karena area permukaan yang rendah dari ujung bilah logam pada setang," jelas Dr Hanna Thompson, profesor bedah pedatrik dari Oxford University, dalam laporan tersebut.

Dr Thompson juga menjelaskan bahwa kasus pada remaja ini bahwa adanya kemungkinan besar cedera dan kerusakan yang bisa terjadi akibat cedera setang meski pada kecepatan rendah.

Pada pertemuan dokter empat minggu kemudian, si remaja ini dilaporkan tak memiliki kerusakan vaskular jangka panjang dan sensasi normal telah kembali ke area selangkangannya.



Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)