Kamis, 05 Des 2019 14:21 WIB

Viral Binatang Transparan di Air Minum Bisa Bikin Sakit, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Binatang ini adalah larva belut laut. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial beredar informasi adanya binatang transparan yang hidup di air minum, bisa membuat sakit bila tak sengaja tertelan. Netizen diimbau untuk berhati-hati sebelum minum air, pastikan sudah dimasak sampai matang.

"Makanya sering sakit tenggorokan kalo abis minum air galon langsung," ujar satu pengguna Facebook yang ikut membagikan informasi pada 28 November 2019 dan unggahannya dibagikan ulang lebih dari 200 kali.

Benarkah hal tersebut? Penelusuran detikcom dengan tools InVid menemukan bahwa gambar yang sama juga diunggah oleh situs SciTechDaily tahun 2013 lalu. Dalam artikel disebut binatang ini adalah foto larva belut laut, leptocephalus, yang ditangkap oleh peneliti Mie Prefecture Fisheries Research Institute di Jepang.


Leptocephalus punya ciri khas memiliki badan transparan karena tubuhnya tidak memproduksi sel darah merah sampai beranjak dewasa. Ia menghabiskan hidupnya di daerah dekat permukaan laut dengan mengonsumsi partikel-partikel kecil.

Situs pencari fakta Africa Check pernah menanyakan kemungkinan hewan ini masuk ke dalam air minum pada perusahaan air kemasan Afrika Selatan, Process Water Technologies. Menurut wakil perusahaan, Colin Basch, sangat kecil kemungkinannya karena sang belut pada titik transparan itu hidup di laut bukan air tawar.

Belum lagi proses pengolahan air yang ketat tentunya akan mendeteksi dan menghilangkan bila ada hewan seperti belut di dalam air minum.

Tidak ditemukan laporan atau jurnal ilmiah yang menyebut seseorang pernah mengalami masalah kesehatan karena tidak sengaja menelan leptocephalus. Di beberapa negara seperti Jepang belut ini malah dijadikan hidangan lezat.



Simak Video "Viral Sinyal Tangan untuk Lapor Kekerasan, Ini Kata Komnas Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)