Kamis, 05 Des 2019 15:26 WIB

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Salah Satunya Pakai Es Batu

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cara menghilangkan jerawat batu, salah satunya dengan es batu. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Banyak orang, terutama wanita pasti merasa kesal dan terganggu saat jerawat batu muncul di wajah. Pastinya mereka akan mencari cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan praktis.

Jerawat batu adalah salah satu jenis masalah kulit yang terbentuk akibat penumpukkan minyak dan sel kulit mati yang mengeras, pada jaringan kulit dalam atau jauh di dalam folikel rambut. Hal ini dapat membuat peradangan dan membentuk benjolan yang besar, yang biasa terjadi di area dagu ataupun pipi.

"Jenis jerawat ini cukup menyakitkan dan susah bahkan lama untuk menghilangkannya," kata Ava Shamban, ahli kulit dari Beverly Hills Dermatologist.

Dikutip dari Healthline, ini beberapa cara untuk menghilangkan jerawat batu yang dapat mengganggu penampilan kamu.


1. Kompres dengan es batu

Jerawat batu umumnya terlihat bengkak, kemerahan, terasa nyeri, bahkan sebagian ada yang merasa gatal. Untuk mengatasinya, gunakan es batu untuk mengompres jerawat yang membengkak itu.

Oleskan es batu langsung pada titik jerawat secara memutar, sampai kulit terasa dingin. Cara ini dilakukan untuk membekukan pori-pori kulit, menghilangkan kotoran dan minyak yang ada dalam waktu semalam. Jika ingin maksimal, lakukan sebanyak 3 kali sehari.

2. Gunakan masker madu

Selain manis dan sehat, madu memiliki sifat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri yang berhubungan dengan jerawat, termasuk jerawat batu. Madu ini dapat melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Caranya, oleskan madu ke area kulit yang ditumbuhi jerawat. Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa oleskan ke seluruh area kulit di wajahmu hingga jerawat itu tidak muncul lagi secara teratur.

3. Oleskan Aloe vera sebagai masker

Aloe vera atau tanaman lidah buaya juga semakin marak digunakan, terutama dalam bentuk gel yang banyak dijual di toko kecantikan. Aloe vera ini termasuk bahan alami yang mengandung Polifenol yang berperan untuk membasmi jerawat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menggunakan gel aloe vera ataupun yang masih berbentuk tanaman dan jadikan sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas wajah sampai bersih. Gunakan secara teratur agar hasilnya maksimal.

4. Tempel area jerawat dengan bawang putih

Bawang putih yang banyak dikenal sebagai bumbu dapur ternyata juga bisa menjadi obat jerawat batu. Zat sulfur yang dikandungnya dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara cepat.

Cara menggunakannya, gunakan 1 siung bawang putih yang dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah cuci muka, tempel irisan bawang ke area yang berjerawat. Tunggu 15 menit lalu bersihkan.

5. Gunakan masker tomat

Tomat juga ternyata ampuh mengatasi permasalahan kulit. Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa menghilangkan jerawat secara alami.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan buah ini, potong jadi 2 bagian lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.



Simak Video "Mengenal CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)