Jumat, 06 Des 2019 09:14 WIB

Pagi-pagi Stres Karena Antre dan Desakan di KRL? Ini Tips Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Desak-desakan di KRL memang bisa jadi pemicu stres. (Foto: Pradita Utama) Desak-desakan di KRL memang bisa jadi pemicu stres. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Bagi yang beraktivitas di pagi hari dengan kereta rel listrik (KRL), pasti biasa merasa stres setiap hari. Kenapa? Ya karena keadaannya yang penuh, padat, dan berbagai pikiran tentang pekerjaan pasti menghantui di sepanjang perjalanan.

Berbagai hal lainnya seperti jadwal yang terlambat, perjalanan tertahan, bahkan kesalahan teknis di KRL pun bisa menambah beban stres seseorang. Pastinya kamu harus mengatasinya sebelum sampai di kantor dan berdampak pada kinerjamu.

Dikutip dari CEO Today, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres di pagi hari karena KRL.


1. Posisikan ponsel dalam mode pesawat

Jika kamu bepergian dengan KRL, pasti ponsel tidak akan lepas dari genggaman. Entah sekedar mendengarkan musik, menonton video, atau mengecek media sosial.

Namun sebaiknya, posisikan ponsel kamu dalam mode pesawat selama perjalanan. Hal ini mencegah kamu untuk mengecek hal-hal yang membuat kamu stres di awal hari, seperti e-mail dari pekerjaan. Cukup gunakan ponsel untuk mendengarkan musik penyemangat pagimu.

2. Membaca

Percaya atau tidak, membaca dapat mengurangi stres dalam perjalanan. Ini akan membantu mengalihkan perhatian kamu dari situasi yang ada di sekitarmu, seperti penuhnya KRL.

3. Cek rute atau jadwal perjalanan

Jika kamu rutin menggunakan KRL, coba unduh aplikasi atau jadwal hariannya. Ini berguna untuk memprediksi adanya keterlambatan perjalanan. Meskipun sering terjadi, setidaknya kamu bisa memeriksa jadwalnya sebelum kamu lari-larian mengejar keretanya.

4. Ganti sepatu yang lebih nyaman

Namanya bepergian dengan KRL, lari-larian di pagi hari menjadi makanan sehari-hari. Agar lebih nyaman dalam perjalanan, gunakan sepatu yang memungkinkan untuk berjalan bahkan berlari dengan cepat. Selain itu, hal ini juga bisa mengurangi stres yang kamu alami di pagi hari.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)