Jumat, 06 Des 2019 13:01 WIB

Duduk Seperti Pria Ternyata Punya Manfaat Kesehatan untuk Wanita

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Duduk menyilang elegan ini rupanya tak baik bagi wanita. Foto: thinkstock
Jakarta - Sebagai wanita, duduk layaknya pria mungkin terkesan tidak sopan. Namun menurut seorang ahli ortopedi, duduk seperti pria justru malah bermanfaat bagi kesehatan wanita, lho.

Hal ini disebabkan duduk seperti pria bagus bagi kesehatan sendimu, demikian dipaparkan oleh Dr Barbara Bergin, seorang ahli bedah ortopedi. Ia bahkan sampai membuat gerakan bernama S. L. A. M (Sit Like A Man) untuk menyehatkan para wanita.

Dirangkum dari Times of India, awalnya Dr Bergin mengalami nyeri lutut saat berusia 32 tahun. Nyeri ini hilang selama akhir pekan, membuat ia bertanya-tanya apa yang berubah.

Rupanya, selama akhir pekan ia tak perlu menyetir mobil kecilnya yang mengharuskan dia menutup lutut dan kakinya dan menyebabkan nyeri pinggang. Wanita memiliki pelvis yang lebih lebar dari pria sehingga tulang paha memutar di dalam dari sendi pinggang.


Rotasi ini menyebabkan lutut wanita menjadi tak sejajar di dalam pinggang dan menyebabkan nyeri di lutut dan pinggang. Maka dari itu, duduk 'elegan' sebenarnya membuat tubuh kita sakit, belum lagi, Dr Bergin melanjutkan, seiring bertambahnya usia kondisi ini bisa semakin memburuk.

"Kebiasaan duduk wanita memiliki dampak besar pada masalah muskuloskeletal. Hal ini bisa diubah dengan mudah dengan duduk seperti pria, dengan melebarkan kaki dan duduk nyaman. Benar-benar berhasil," demikian tulis situs tersebut.

Bagaimana cara duduk seperti pria yang benar dan bermanfaat bagi kesehatan? Pertama-tama, biarkan kedua lutut berjarak satu sama lain, kaki kiri seperti mengarah ke arah jam 7 sementara kaki kanan pada arah jam 5 dan pastikan tidak terlalu lebar dari itu.



Simak Video "Ladies, Duduk Terlalu Lama Bisa Picu Kanker Payudara dan Ovarium"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)