Selasa, 10 Des 2019 09:06 WIB

Jamin Makanan Sehat dan Higienis, 56 Sekolah Raih Piagam Bintang Keamanan

Ibnu Munsir - detikHealth
Menerima piagam penghargaan. Foto: Ibnu Munsir/detikHealth
Jakarta - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar memberi penghargaan 56 sekolah di Makassar. Penghargaan ini diberikan mampu membuat kantin sehat dan bersih bagi para siswanya.

Penghargaan itu berupa Piagam bintang keamanan pangan di sekolah dan diberikan khususnya bagi Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar. Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), Abdul Rahim mengatakan jika penghargaan ini diberikan kepada 56 sekolah dari 1335 sekolah yang telah dilakukan intervensi oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM).

"Kita melakukan pemberian piagam bintang keamanan pangan ke sekolah, tapi ini juga dirangkaikan dengan evaluasi terkait dengan intervensi intervensi pengendalian anak sekolah yang kami lakukan selama setahun ini di Makassar, Sulawesi Selatan," kata Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar, di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (9/12/2019).


Pemberian penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang telah dilakukan bimbingan teknis oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM). Usai bimbingan teknis, sekolah kemudian di dampingi dan dilakukan audit untuk mendapatkan Piagam bintang keamanan pangan di sekolah.

"Hari ini kita memberikan kepada 56 sekolah jadi tahun ini ada 1.335 sekolah yang kita intervensi, berikan bimbingan teknis kita lakukan pendampingan kemudian kita lakukan audit kepada sarana kantinnya dari situ yang bagus-bagus kita kumpulkan yang tidak bagus kita bina kita berikan bimbingan teknis lagi terkait dengan piagam bintang keamanan pangan sekolah," jelasnya.

Sekolah yang mendapat penghargaan dipastikan kantin layak dan makanan telah yang telah memenuhi syarat seperti aman, bersih, higienis terkhusus sanitasinya.

"Kelayakannya mereka sudah mempraktekkan praktek-praktek keamanan pangan sekolah kemudian ada kunci pengamanan sekolah kemudian ada juga terkait dengan komitmen dari sekolahnya yang dijual jualnya itu, Setelah diuji memang memenuhi persyaratan sarananya higiene sanitasinya terjamin ini di kantin sekolah kita ke kantin sekolah," tutupnya.






Simak Video "Uji Keamanan Pangan Khas Ramadan, Apa Hasilnya? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)