Selasa, 10 Des 2019 17:29 WIB

Idap Kondisi Langka, Pria Ini Terlahir Tanpa Buah Zakar

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pria terlahir tanpa buah zakar adalah kondisi langka (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria terlahir tanpa buah zakar, organ yang berperan penting dalam produksi sel sperma. Itu artinya, mustahil ia bisa mendapat keturunan kalau tidak melakukan cangkok organ.

Beruntung, pria 36 tahun asal Belgrade, Serbia ini berkesempatan menjalani operasi transplantasi buah zakar. Donor yang akan merelakan testisnya dicangkok tak lain adalah saudara kembarnya sendiri.

"Operasi ditujukan untuk memberikan kadar hormon testosteron yang lebih stabil dibanding injeksi, membuat organ intimnya lebih natural dan lebih nyaman, dan bisa punya anak," kata Dr Dicken Ko, dokter bedah dari Tufts University, dikutip dari NYtimes, Selasa (10/12/2019).

Tercatat hanya ada 3 operasi serupa yang pernah dilakukan. Operasi cangkok buah zakar pertama dilakukan 40 tahun lalu, juga pada pasangan kembar identik di St Louis.



Disebutkan, pria yang lahir tanpa buah zakar termasuk kondisi langka. Namun operasi cangkok buah zakar bisa juga diterapkan pada kondisi lain seperti transgender, korban kecelakaan, tentara yang terluka, serta penyintas kanker.

Operasi dilakukan di University Children's Clinic di Tirsova, Belgrade selama 6 jam. Karena donor maupun resipien merupakan kembar identik, tidak ada kekhawatiran tubuh akan menolak organ yang dicangkok.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/wdw)