Rabu, 11 Des 2019 10:23 WIB

Jatuh Bangun dr Lie Dharmawan Jual Rumah demi Merintis RS Apung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ruang operasi di dalam RS Apung (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth) Ruang operasi di dalam RS Apung (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Jakarta - Rumah sakit apung terbukti memudahkan warga-warga di pulau terpencil untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak, dan cepat secara gratis. RS Apung di Indonesia kini tersebar di 3 kapal yang dimiliki dr Lie A Dharmawan.

Sempat tak mendapat kepercayaan dari semua orang mengenai ide RS Apung-nya, dr Lie nekat menjual rumah demi membeli sebuah kapal kecil untuk membuat rumah sakit.

"Saya mulai dengan rumah sakit yang sangat kecil, dari pinisi kapalnya. Kapal kayu yang tua. Saya beli kapal barang, saya menjual rumah saya untuk down paymentnya, lalu saya cicil selama 1 tahun, dan 3 tahun lamanya saya pakai untuk merubah sepotong demi sepotong kapal itu, sampai akhirnya menjadi sebuah rumah sakit apung," ujarnya saat berbincang di RS Apung Nusa Waluya II, Pluit, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019).



Ruang kontrol RS Apung dr Lie.Ruang kontrol RS Apung dr Lie. Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth


dr Lie mengaku untuk berada di titik sekarang, perubahan paling besar terjadi ketika akhirnya diundang di salah satu TV swasta pada 2014, yang membuat donatur serta relawan menjadi terus berdatangan.

"Dari awal itu semuanya dari kantong sendiri, karena nggak ada orang yang percaya, satu-satunya yang percaya cuma saya sendiri. Dan keinginan saya memang sabgat kuat untuk membantu," pungkasnya.

RS Apung ini dilengkapi juga dengan ruang perawatan.RS Apung ini dilengkapi juga dengan ruang perawatan. Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth



Ruang perawatan anak juga ada.Ruang perawatan anak juga ada. Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth


Simak Video "Anjing Penghibur yang Bikin Pasien Kembali Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)