Rabu, 11 Des 2019 13:32 WIB

Ngeri! Daging Kucing di China Dimakan, Kulitnya untuk Aksesoris

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kucing. Foto: iStock
Jakarta - Kucing biasanya menjadi hewan peliharaan favorit yang setiap harinya disayang-sayang dan dimanja-manja. Namun di China, daging kucing dijadikan santapan.

Dibagikan oleh halaman Facebook Anti-Fur Society, foto-foto kucing yang tengah diperdagangkan secara ilegal. Kucing-kucing itu dijual pada tukang jagal untuk merebusnya hidup-hidup dan kulit serta bulunya digunakan untuk membuat sepatu, sarung tangan, dompet, dan lainnya.

"Kucing yang digunakan dalam perdagangan ini sebagian besar kucing liar yang tidak mandul atau dikebiri dan mereproduksi pada tingkat yang mengkhawatirkan, ini menjadi sumber yang paling menguntungkan bagi preman kucing yang akan mengambil semua kucing yang mereka bisa, termasuk hewan peliharaan," tulis di laman Anti-Fur Society, pada Minggu (1/12/2019).

Laman Anti-Fur Society itu pun meminta netizen lain untuk membantu menyetop aksi mengerikan ini. Penggalangan dana pun telah mencapai angka 3.084 Dolar Amerika atau setara dengan Rp 43 juta.



Tentunya perilaku makan daging kucing tidak bisa dibenarkan walau di beberapa negara masih ada yang mengonsumsinya karena alasan tradisi atau adat.

Penelitian yang dilakukan oleh Raymond Craza dari Temple University menyebut ada efek kesehatan besar yang akan timbul dari konsumsi daging kucing. Kucing adalah tuan rumah yang sempurna untuk penyakit parasit seperti Lyme atau demam tinggi yang sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayi.

"Kucing adalah inang primer parasit yang menyebabkan toksoplasmosis yang akan memberikan ancaman kelainan bentuk serius pada bayi," tulis Raymond dalam penelitiannya yang berjudul Consumption of Domestic Cat in Madagascar: Frequency, Purpose, and Health Implications, dikutip dari Science Daily.

Daging kucing juga mengancam penularan infeksi bakteri seperti Clostridium botulinum. Dengan adanya informasi tersebut, peneliti mendesak untuk melakukan studi pada konsumsi anjing karena banyak masyarakat yang juga mengonsumsi dagingnya.



Simak Video "Bio Farma Bantah Indonesia Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin China"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)