Kamis, 12 Des 2019 12:24 WIB

Viral Chair Challenge, Kenapa Banyak Pria Tidak Bisa Melakukannya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penjelasan para ahli kenapa pria tidak bisa menjalani Chair Challenge.Foto: Twitter
Jakarta - Belum lama, di media sosial Twitter beredar video tantangan baru yang disebut dengan Chair Challenge. Tantangan ini dilakukan dengan mengangkat bangku, tapi dalam posisi tubuh yang membungkuk ke dinding. Hal ini memancing pendapat dari banyak ahli.

Meskipun terlihat mudah, ternyata setelah dicoba banyak netizen pria yang tidak bisa melakukannya. Hal ini kemudian dijelaskan oleh salah satu ahli kebugaran, @Tobeech. Menurutnya, ini terjadi karena pria memiliki pusat gravitasi yang lebih tinggi daripada wanita.

"Pusat gravitasi pada pria lebih banyak di bagian tubuh atas mereka, sementara wanita berada pada pinggul. Itu sebabnya, pria tidak bisa melakukannya," jelasnya dalam akun Twitter-nya.

"Selain itu, ini mungkin juga dipengaruhi karena panggul pria tidak selebar wanita. Dari situ, dibuktikan bahwa 99 persen pria gagal dan 1 persen pria yang bisa adalah secara anatomi panggulnya lebih lebar seperti wanita," ujarnya.


Menanggapi hal itu, ilmuwan dari Amerika Serikat Jeremy Johnson mengatakan, alasan pria tidak bisa melakukannya karena pusat massa. Pusat massa wanita terletak di bagian panggul, sedangkan pria berada di bagian atas.

"Bagi wanita mudah mengangkatnya karena pusat massanya berada di bawah kursi, sedangkan pria malah bertumpu pada bagian atas kursi," katanya yang dikutip dari The Sun.

Adapun jawaban lainnya yang mengatakan, selain karena pusat massa ataupun gravitasi ini juga bisa dipengaruhi ukuran kaki. Ukuran pria jelas lebih besar dari wanita. Hal ini dikemukakan oleh Profesor Brian Ford dari Universitas Cambridge.

Menurut Profesor Ford, sebelum melakukan tantangan itu pria maupun wanita harus mundur dua langkah sesuai ukuran kakinya. Dari dinding, jarak kaki wanita hanya 50 sentimeter, sedangkan pria 60 sentimeter.

"Jadi jarak kaki dengan dinding pada pria lebih jauh daripada wanita. Menurutku, itu juga mempengaruhi banyak pria yang tidak dapat menyelesaikannya," tutup Profesor Ford.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)