Jumat, 13 Des 2019 01:02 WIB

Malas Antre Panjang? BPJS Kesehatan Punya Layanan Mobil Keliling Nih

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Layanan mobile BPJS Kesehatan (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth) Layanan mobile BPJS Kesehatan (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Jakarta - Sering antre saat sedang ke BPJS Kesehatan? Kini salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah pelayanan mobil keliling yang menjadi trobosan baru BPJS yaitu Mobile Customer Service (MCS) atau Jemput Bola. Melalui layanan ini, peserta BPJS tak perlu mengantre saat sedang mengurus seluruh fasilitas pada BPJS.

Layanan ini tersedia di setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Setiap BPJS di kecamatan masing-masing memiliki satu unit mobil yang bertugas untuk 'menjemput bola' berkeliling di daerah kecamatan tersebut.

Mobile Customer Service juga membuat masyarakat lebih mudah menjangkau dan mengakses pelayanan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Tak hanya itu, pengurusan penurunan kelas di BPJS pun dapat dilakukan melalui MCS ini.



Tak jauh berbeda dengan pelayanan di kantor cabang, beberapa fasilitas yang tersedia pada MCS meliputi, pendaftaran peserta baru, pencetakan kartu peserta, perubahan data kepesertaan seperti pindah fasilitas kesehatan, perubahan kelas perawatan, penambahan anggota keluarga, pemberian informasi dan pengaduan.

"Masyarakat jangan ragu mendatangi MCS bila melihatnya sedang berhenti misalnya di kantor kelurahan, alun alun pusat kota, di pasar dll. MCS kita dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta," ujar Fachmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Kamis (12/12/2019).

Selain itu, MCS juga tersedia di beberapa kegiatan bersama komunitas-komunitas atau penggiat hobi tertentu. MCS juga tersebar pada event-event Car Free Day (CFD) yang nantinya dapat lebih luas menjangkau masyarakat.



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)