Jumat, 13 Des 2019 05:00 WIB

Waduh! Kondom Disebut Tak 100 Persen Ampuh Cegah HIV

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kondom gratis di puskesmas (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Kampanye pencegahan penularan infeksi HIV (human immunodeficiency virus) sedang gencar-gencarnya dilakukan. Seperti yang diketahui risiko penularan terbesar saat ini, diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat.

Salah satu bentuk pencegahan penularan infeksi HIV yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kondom. Namun, menurut ketua tim HIV terpadu RSUI (Rumah Sakit Universitas Indonesia), Dr dr Alvina Widhani, SpPD, KAI, penggunaan kondom sebagai bentuk pencegahan, tidak dapat melindungi 100 persen dari penularan infeksi HIV.

"Jadi, kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana penularan HIV ini dan dia bisa melalui apa saja, melalui hubungan seksual, melalui darah, dan melalui ibu pada bayi yang dikandungnya, itu juga penting. Jadi, meningkatkan pengetahuan," kata dr Alvina saat ditemui detikcom, pada Kamis (12/12/2019).



Mengedukasi masyarakat untuk menggunakan kondom agar tidak terjadi penularan infeksi HIV, memang masih terbilang tabu untuk diperbincangkan. Sehingga, perlu metode lain dalam memberikan pemahaman pentingnya pencegahan agar tidak terinfeksi.

"Jadi, tidak semata-mata dengan mengkampanyekan kondom gitu, jadi itu enggak cukup karena itu tidak bisa melindungi 100 persen, tapi itu juga perlu memberikan pemahaman, gimana saja sih cara penularan gitu, dan faktor risiko apa saja yang bisa menyebabkan seseorang itu bisa terkena HIV," pungkasnya.



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)