Jumat, 13 Des 2019 17:12 WIB

Vidi Aldiano Sakit Kanker Ginjal, Ini Tips Ahli untuk Menghindarinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tips dokter hindari penyakit kanker ginjal. Foto: Dyah Paramita Saraswati/ detikHOT
Jakarta - Penyanyi Vidi Aldiano baru mengetahui kalau ia mengidap kanker ginjal yang sudah memasuki stadium 3. Artinya, penyakit tersebut sebenarnya sudah dimiliki dalam jangka waktu yang lama.

Ahli onkologi dan radiologi dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk, Rad, dari RS Siloam TB Simatupang mengatakan penyakit ini memang sering terjadi pada orang muda. Bahkan, gejala dan penyebabnya sering terlewat hingga tanpa sadar kanker ginjal itu telah menetap di dalam tubuh.

"Karena itu, mulailah untuk menghindarinya dengan perbanyak minum air putih, hindari minuman yang berwarna terlalu pekat seperti teh, soda, kopi, yang menggunakan pemanis buatan, jamu, bahkan alkohol. Coba juga untuk hidup lebih sehat dengan berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan yang sehat," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (13/12/19).

Tak hanya itu, beberapa hal lain juga bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker ginjal, seperti yang dikutip dari Mayo Clinic.


1. Berhenti merokok

Bukan hanya untuk perokok aktif, yang pasif pun bisa terkena kanker ginjal karena hal itu. Mulailah menghentikan kebiasaan buruk itu sebelum penyakit seperti ini muncul di dalam tubuh.

2. Kendalikan berat badan

Jika kamu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, coba kurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Lengkapi juga dengan olahraga teratur dan minum air putih yang banyak untuk mengurangi risiko kanker ginjal.

3. Mulai hidup sehat

Mulai konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Akan lebih baik juga selalu rutin untuk melakukan medical check-up atau cek kesehatan tubuh dan konsultasikan apa yang sedang dirasakan. Hal ini akan mencegah munculnya faktor risiko dari kanker ginjal ini.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)