Minggu, 15 Des 2019 08:01 WIB

RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Bisa Pasang Ring Jantung

Akrom Hazami - detikHealth
RS Mardi Rahayu Kudus Kudus bisa layani pemasangan ring jantung. (Foto: Akrom Hazami/detikHealth) RS Mardi Rahayu Kudus Kudus bisa layani pemasangan ring jantung. (Foto: Akrom Hazami/detikHealth)
Kudus - Penderita penyakit jantung yang berada di kota-kota Keresidenan Pati, kini tak usah ke kota besar untuk pemasangan ring atau stent di jantung. Sebab saat ini ada satu rumah sakit di keresidenan itu yang menyediakan fasilitas tersebut.

Rumah Sakit (RS) Mardi Rahayu Kudus kini menyediakan pelayanan katerisasi dan pemasangan stent jantung. Praktis bagi penderita jantung yang berada di keresidenan ini tak perlu jauh-jauh ke luar kota.

"Setelah adanya penanganan stroke terintegrasi di RS Mardi Rahayu untuk memastikan pasien stroke mendapatkan penanganan tepat dan menyeluruh atau terintegrasi, RS Mardi Rahayu menyelenggarakan layanan pemasangan stent atau ring di jantung," kata Direktur Utama RS Mardi Rahayu, Dr Pujianto, saat jumpa pers, Sabtu (14/12/2019).

"Bagi penderita jantung di keresidenan ini, bisa melakukan pemasangan ring di sini. Memang kita ketahui angka penyakit jantung ini semakin lama semakin meningkat," jelasnya.



Puji menambahkan, pihaknya melakukan itu karena menyadari pentingnya ketersediaan pelayanan kesehatan untuk stroke dan penyakit jantung yang berkualitas. Agar derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan. Itulah sebabnya RS Mardi Rahayu terus mengembangkan pelayanan kesehatannya.

Diketahui, kata dia, penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) menyebabkan kematian 17,9 juta jiwa per tahun atau sekitar 31 persen dari seluruh kematian di dunia (data tahun 2016). Sekitar 85 persen kematian akibat penyakit kardiovaskular disebabkan oleh stroke dan serangan jantung. Semakin memprihatinkan karena lebih dari 75% kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi di negara dengan pendapatan rendah sampai menengah, termasuk Indonesia.

"Sama halnya dengan pasien stroke, jumlah pasien jantung juga terus meningkat. Kasus jantung terbanyak adalah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh plak (tumpukan zat) yang menyumbat arteri koroner," jelasnya.

Sumbatan yang berat menyebabkan serangan jantung sehingga sumbatan harus dibuka, imbuhnya. Salah satunya dengan pemasangan stent atau ring. "Pada tanggal 11 Desember 2019 telah dilaksanakan untuk pertama kalinya pemasangan stent atau ring jantung di RS Mardi Rahayu oleh Dr. Agus Probo Suyono, Sp.JP (K), FIHA. Pada pasien dipasang 2 ring dan hasilnya baik," terang dia.

Dr Agus Probo Suyono spesialis jantung dan pembuluh darah RS Mardi Raahyu menjelaskan, ada lima penyebab penyakit jantung. Di antaranya kolesterol, rokok, gula, darah tinggi, dan faktor keturunan. Maka dari itu masyarakat bisa mengecek sekala rutin kesehatan di rumah sakit atau di rumah kesehatan.

"Selain itu juga bisa melakukan olahraga secara teratur, seperti lari, bersepeda, aerobik. Minimal sehari 30 menit. Dalam sepekan minimal lima hari," terang dia.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)