Selasa, 17 Des 2019 05:28 WIB

Suami Perlu Tahu, Ini Berbagai Penyebab Sperma Nggak Tokcer

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sperma tokcer ditentukan oleh banyak faktor (Foto: iStock)
Jakarta - Meski zaman sudah berubah, masih banyak yang menganggap laki-laki jantan adalah mereka yang punya sperma tokcer atau sperma punya kualitas baik dan sehat. Tentunya sperma yang sehat mampu memperbesar peluang kehamilan.

Punya sperma yang berkualitas baik tentu diidamkan kaum adam. Tapi ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab sperma jadi nggak tokcer.

"Penyebabnya macam-macam, ada banyak. Mulai dari ada yang azoospermi, jadi testisnya nggak mengeluarkan sperma sama sekali," sebut spesialis obgyn dari Klinik Bocah Fertilitas, dr M Lucky, SpOG(K) saat ditemui detikcom di RS Awal Bros Tangerang, Senin (16/12/2019).

"Karena faktor gaya hidup juga ada. Merokok, ngopi, duduk lama di suhu panas. Duduk lama di kantor juga bisa pengaruh," sambungnya.



Selain itu kebiasaan seperti terlalu lama mandi air panas dan sering naik motor juga bisa membuat kualitas sperma menjadi jelek. Suhu yang panas tidak baik untuk testis dan terlalu lama berada di ruangan yang panas akan membuat sperma menjadi encer.

"Produksi sperma kan dipengaruhi suhu sekitar, kalau suhu terlalu tinggi atau panas nggak terlalu bagus. Makanya kalau sering naik motor, sauna, nggak bagus untuk sperma," sebutnya.

Untuk menghindari produksi sperma yang tidak bagus, disarankan menghindari kebiasaan yang menjadi pemicunya. Kurangi kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol serta konsumsi makanan bergizi dijamin bisa bikin sperma tokcer.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)