Rabu, 18 Des 2019 18:00 WIB

Gus Hilman Meninggal Diduga Sopirnya Mengantuk, Ini Tips Mencegahnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tips hindari rasa kantuk saat berkendara mobil. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta - Putra dari almarhum KH Hasyim Muzadi, Gus Hilman Wajdi meninggal dunia karena kecelakaan mobil di Tol Pandaan-Malang. Kecelakaan tersebut terjadi saat mobil Toyota Innova Nopol N 1261 DX yang ditumpangi Gus Hilman melaju dari arah Surabaya menuju ke Malang.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, pengemudi mobil tersebut yang bernama M Izza Arrofiq diduga mengantuk. Ini mengakibatkan mobil yang ditumpanginya menabrak truk.

"Semula kendaraan Toyota Innova berjalan di lajur cepat dengan kecepatan sekitar 100 km/ jam dari arah Surabaya menuju ke Malang. Diduga pengemudi kelelahan dan mengantuk, sehingga menabrak kendaraan truk di jalur lambat. Penumpang Innova mengalami luka-luka dan meninggal di RS Lawang Medika," terangnya.


Banyak orang yang berpikir dengan membuka jendela, mendengarkan musik, dan ngobrol sudah ampuh untuk mencegah rasa kantuk datang saat menyetir. Padahal, hal itu sama sekali tidak berpengaruh, malah akan membahayakan pengemudi dan penumpang yang dibawanya, seperti terjadi kecelakaan.

Dikutip dari Very Well Health, beberapa tips ini lebih baik dalam mengatasi ngantuk saat mengendarai mobil dan mencegah kecelakaan.

1. Tidur yang cukup sebelum berkendara

Jika kamu akan berkendara, baik ke kantor atau kemanapun termasuk perjalan jauh, harus tidur dengan cukup sebelumnya. Usahakan sebelum berkendara, tidur selama 7-9 jam agar kamu merasa segar dan siap menempuh perjalanan yang jauh sekalipun.

2. Jangan lupa istirahat

Saat di perjalanan dan kamu merasa lelah, segera cari tempat untuk beristirahat. Jangan terburu-buru untuk sampai di tempat tujuan, karena akan membahayakan kamu dan penumpang lainnya. Kamu bisa sempatkan tidur selama 20 menit, agar badan kamu segar kembali.

3. Potong waktu perjalanan menjadi beberapa sesi

Memotong waktu perjalanan memang akan memperlambat kamu sampai ke tujuan. Tapi, jika kamu terus memaksakannya, kamu akan merasa terlalu lelah hingga kecelakaan tidak dapat terelakkan. Kamu bisa membaginya dalam beberapa sesi, misal setelah setengah perjalanan kamu menginap di penginapan atau sekedar tidur di rest area.

4. Ganti shift dengan teman lainnya

Ini bisa dilakukan jika kamu bepergian dengan teman atau sanak saudaramu yang memang bisa mengendarai mobil. Jika kamu sudah merasa lelah, sering menguap, mata sudah mulai tidak fokus, jangan dipaksakan apalagi menangkalnya dengan kopi. Minta temanmu untuk bergantian selama kamu tidur untuk istirahat.


Simak Video "Ini Lho Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)