Kamis, 19 Des 2019 12:33 WIB

Punya Riwayat Jantung Seperti Adian Napitupulu, Amankah Naik Pesawat?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Adian Napitupulu. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Adian Napitupulu, anggota Komisi I DPR dikabarkan kolaps dalam perjalanan menuju Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Disebutkan, Adian telah lama memiliki riwayat penyakit jantung dan diduga menjadi penyebab ia tak sadarkan diri.

Ia kini dilaporkan tengah dirawat di rumah sakit di Palangka Raya dan ditangani oleh dokter jantung. Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha saat dihubungi detikcom menyebutkan Adian kolaps sekitar 30 menit setelah penerbangan.

Take off dan landing bisa mempengaruhi kondisi jantung penumpang yang punya riwayat penyakit jantung. Namun hal itu terjadi bila kondisi penumpang tidak stabil. Lalu, amankah bagi pengidap sakit jantung naik pesawat?


"Sebenarnya aman-aman saja bagi orang dengan riwayat penyakit jantung namun sudah stabil. Yang bisa meningkatkan risiko adalah tekanan udara dan oksigen di ketinggian," kata spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, beberapa waktu lalu.

Senada dengan dr Vito, konsultan kardiovaskular, dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV mengatakan bahwa kondisi kecemasan sangat berpengaruh pada kondisi jantung.

"Orang ada yang fobia naik pesawat, jadi setiap naik pesawat pasti deg-degan apalagi saat take off dan landing. Nah nadi cepat ini yang bahaya," ujar dr Eka.

Oleh karena itu sebelum terbang, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter jika belum stabil. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi dan menyimpannya di tempat yang mudah terjangkau.



Simak Video "Adian Kolaps, Ini Risiko Pengidap Penyakit Jantung Naik Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)