Kamis, 19 Des 2019 13:00 WIB

Adian Napitupulu Sudah Pasang 5 Ring Jantung, Alat Apakah Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Adian Napitupulu sudah pasang 5 ring di jantungnya. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Adian Napitupulu, salah satu politisi dari PDIP mengalami kolaps saat di perjalanan menuju ke Palangka Raya. Ia dikabarkan memiliki penyakit kardiovaskular dan ternyata sudah memasang 5 ring di jantungnya.

"Sakitnya heart attack, jantung, memang ada problem karena sudah pasang ring 5," kata politisi PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Ring jantung atau stent merupakan tabung kecil yang sangat penting untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah di jantung. Alat ini dipasang di dalam pembuluh darah yang mengalami penyumbatan, agar kembali lancar.


Dikutip dari Healthline, pemasangan ring biasanya dilakukan pada penderita jantung koroner atau orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak.

Untuk memasang ring, dokter akan melakukan pemasangan kateter pada jantung yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah, dari pangkal paha atau lengan. Setelah itu, ada kabel penuntun yang dimasukkan untuk mengarahkan balon dan ring ke area yang bermasalah.

Setelah berada di dalam, balon diikuti dengan ring tersebut akan mengembang, sehingga pembuluh darah yang tersumbat akan kembali lancar. Saat ring sudah terpasang, balon itu akan dikeluarkan lagi. Umumnya, prosedur ini akan memakan waktu 1-3 jam dan pasien harus dirawat dalam beberapa hari.


Pasca ring terpasang, dokter menyarankan pasien banyak minum air putih dan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit pada luka sayatan. Selain itu, dokter juga memberikan obat antikoagulan yang diberikan untuk mencegah terjadinya gumpalan atau pembekuan darah.

Seperti yang dikatakan dokter ahli jantung dan pembuluh darah dr Vito A Damay, SpJP(K), M Kes, FIHa, FICA, pasien yang telah melakukan pemasangan ring tidak boleh beraktivitas terlalu berat.

"Jangan gegabah dalam memilih aktivitas. Hindari dulu aktivitas berat yang bisa membahayakan dirinya," ujarnya.



Simak Video "Kata Dokter soal Dugaan Bob Saget Meninggal karena Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)