Kamis, 19 Des 2019 17:02 WIB

4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Sudah Pernah Pasang Ring Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Stent atau ring jantung. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ring jantung atau stent memang menjadi tindakan yang umum dilakukan pada penderita gangguan kardiovaskular. Beberapa orang juga bisa memasang lebih dari satu ring, seperti yang dialami Adian Napitupulu.

Politisi dari PDIP ini bahkan telah memasang 5 ring pada jantungnya. Tapi, hal ini tidak mencegah penyakit jantung yang dialaminya kambuh hingga kolaps saat terbang ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Pasca pemasangan ring jantung, seharusnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diwaspadai agar penyakit ini tidak muncul lagi, seperti yang dituturkan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, sebagai berikut:


1. Hindari olahraga ekstrem atau aktivitas terlalu berat

Setelah pemasangan ring jantung, para dokter terus memastikan pasiennya dalam keadaan baik-baik saja. Mereka menyarankan pada pasien untuk tidak melakukan kegiatan atau olahraga yang berat, seperti atlet.

"Jangan gegabah dalam memilih aktivitas. Hindari dulu aktivitas berat yang bisa membahayakan dirinya. Setelah dipasang ring, mereka bisa kembali melakukannya, tapi ingat bukan seperti atlet. Jika mereka bermain tenis, badminton, bahkan basket dengan tujuan rekreasi, maka ini masih bisa dilakukan," kata dr Vito.

2. Disiplin dalam minum obat

Setelah pasang ring jantung memang tidak dilarang untuk beraktivitas lagi, selagi itu tidak berat. Tapi dengan catatan, obat-obat yang diberikan harus diminum secara disiplin dan teratur. dr Vito mengatakan, banyak orang sering menganggap ini bisa menjadi ketergantungan akan obat, padahal tidak seperti itu.

"Obat ini untuk meringankan atau juga bisa membantu orang bisa beraktivitas seperti biasanya. Perlu dibantu dengan obat-obatan agar keluhan tersebut tidak sering muncul, bisa produktif seperti biasa, membantu kerja jantung, dan mencegahnya terjadi lagi," jelasnya.

Obat-obatan yang memang harus dikonsumsi secara teratur oleh orang yang telah memasang ring jantung, antara lain obat pengencer darah, kolesterol, darah tinggi atau hipertensi, dan diabetes.

3. Mulai pola hidup sehat

"Setelah pasang ring, buatlah kesempatan itu menjadi hari yang baru untuk memperbaikinya," ungkap dr Vito.

Pada pasien yang sudah melakukan tindakan pasang ring jantung, mulai atur pola hidup, hindari kebiasaan buruk seperti merokok salah satunya. Selain itu, atur pola makannya agar jauh lebih sehat dan aman bagi jantung.

Dikutip dari Mayo Clinic, hindari makanan yang mengandung trigliserida dan natrium tinggi, seperti santan, gorengan, margarin, kelapa, garam, gula, dan lainnya.

4. Perhatikan faktor risiko

Jika sudah memiliki riwayat atau malah sudah melakukan pasang ring jantung, mulai perhatikan faktor risiko yang bisa menyebabkannya. Hal ini bisa membuat penyakit jantung itu muncul kembali, walaupun sudah dipasangkan ring.

"Jika sudah ada kolesterol tangani, punya gula darah tinggi dikendalikan, punya tubuh gemuk atau obesitas harus dibuat lebih ideal. laki2 dibawah 90 cm, perempuan dibawah 80 cm. Karena obesitas juga salah satu pemicu penyakit jantung," tuturnya.

"Pesan saya, kita lebih baik mengobati penyakit yang masih di awal, dibandingkan harus terpaksa pasang ring pada jantung kita," katanya.



Simak Video "Adian Kolaps, Ini Risiko Pengidap Penyakit Jantung Naik Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)