Jumat, 20 Des 2019 04:19 WIB

Saran Dinkes Kota Depok Agar Ular Kobra Tak Masuk Rumah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Teror ular kobra (Foto: Syahdan Alamsyah)
Jakarta - Teror anak ular kobra di Depok telah meresahkan warga. Bukan hanya di Depok, anak ular kobra pun ditemukan di Citayam, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Induk ular dan sarangnya pun hingga kini belum ditemukan.

Untuk mencegah ular menyambangi rumah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok drg Novarita pun menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan, bukan hanya kebersihan rumah tetapi juga kebersihan lingkungan.

"Jaga kebersihan lingkungan ya, jadi biasanya ular nggak suka di tempat-tempat yang bersih," sarannya kepada detikcom saat ditemui di RS Universitas Indonesia (RSUI), Kamis (19/12/2019).



"Paling nggak ajak sekitar rumah kita untuk bersihin lingkungannya, jangan cuma rumah kita saja yang bersih. Nanti kan dia (ular) juga bisa jalan ke rumah kita," lanjut drg Nova.

Musim penghujan disebut drg Nova menjadi waktu di mana ular kobra berkembang biak. Selain itu menurutnya, kemungkinan habitat ular kobra telah terganggu dengan adanya pembangunan yang masif membuat anak-anak ular kobra ini muncul ke permukaan.

"Mungkin aja karena banyak pembangunan perumahan, jadi ekosistemnya terganggu," tandasnya.



Simak Video "'SwissCovid', Aplikasi asal Swiss Pendeteksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)