Jumat, 20 Des 2019 06:25 WIB

Hati-hati, Ini Risiko Mengerikan Minum Obat Amoksisilin Asal-asalan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Antibiotik bukan 'obat dewa' seperti diyakini banyak orang selama ini (Foto: iStock)
Jakarta - Antibiotik memang dianggap sebagai 'obat dewa' karena berbagai macam penyakit bisa disembuhkan dengan meminum obat ini. Namun, penggunaan antibiotik yang asal-asalan akan berakibat buruk, karena bakteri jahat yang seharusnya mati, tetapi malah menjadi kebal dan semakin kuat.

Menurut ketua Komite Pencegahan Antimikroba Nasional (KPRA), Dr dr Hari Paraton, SpOG(K), penyakit yang diberikan antibiotik secara asal-asal akan membuat bakteri jahat kebal hanya dalam hitungan hari.



"Itu hitungannya hari. Jadi, nggak perlu mingguan atau bulanan, kita minum beberapa hari saja sudah menjadi resistensi antibiotik (bakteri kebal dari antibiotik). Tergantung antibiotik yang diberikan, belum tentu antibiotik itu sesuai dengan bakteri yang ada," kata Dr Hari di Hotel Westin Jakarta, Jakarta Selatan, pada Kamis (19/12/2019).

Dampak bakteri yang menjadi kebal pun tak main-main. Bahkan, bisa membuat seseorang menjadi meninggal.

"Sering kali misalkan stroke, orang stroke sudah dipasang infus dan lain-lain, lalu diberi antibiotik maka 5 hari kemudian dia akan sesak nafas, karena terjadi infeksi paru-paru. Dan itu adalah akibat proses bakteri pada paru-parunya mulai resisten. Dan sering kali orang meninggal bukan karena strokenya tapi karena efek samping antibiotik yang diminumnya," pungkasnya



Simak Video "dr Reisa Imbau Masyarakat Tak Asal Konsumsi Antibiotik Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)