Jumat, 20 Des 2019 10:42 WIB

Tak Sedia Serum? Ini Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular Kobra

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bisa ular kobra bisa sangat mematikan (Foto: Achmad Syauqi/ detikcom)
Jakarta - Ramainya teror ular kobra di beberapa daerah membuat masyarakat semakin khawatir. Hal itu disebabkan karena persediaan Serum Anti Bisa Ular (SABU) ini tidak banyak tersedia di semua rumah sakit.

Karena kesulitan dalam menemukannya, Yayasan Sioux Ular Indonesia memberikan penanganan atau pertolongan pertama saat seseorang tergigit ular berbisa, seperti kobra itu.

"Pertolongan pertama bisa dengan cara menghentikan pergerakan di area yang tergigit, dengan cara di bidai atau Imobilisasi. Ini dilakukan lebih tepatnya untuk memperpanjang kesempatan hidup si korban," kata Muhammad Dzawil Arham, salah satu pakar ular dari Sioux pada detikcom kemarin, (19/12/19).

Dzawin mengatakan, imobilisasi ini dilakukan untuk mencegah perambatan bisa ular di dalam tubuh. Aliran bisa akan lebih cepat menjalar karena ada pomparan otot, yang dipicu oleh gerakan sendi.



"Jadi, untuk mencegahnya jangan sampai area tubuh yang tergigit itu bergerak. Kalau yang kena di lengan atau kaki ya bidai saja. Akan lebih baik saat tergigit di manapun, dibidai satu badan pun tidak apa-apa. Dan posisikan area yang tergigit di bawah jantung," ujarnya.

Menurut Dzawil, dengan dibidai itu akan memperpanjang waktu untuk si korban bertahan, sampai mendapat SABU itu. Baiknya, setelah dilakukan imobilisasi korban harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan dari media.

"Golden hour untuk gigitan ular berbisa terutama yang tinggi, itu 1-3 jam. Dengan pertolongan itu, tentu akan lebih lama kesempatan hidupnya. Dan dalam waktu segitu, harus segera mendapatkan serumnya" jelas Dzawil.

"Tips sih, jika digigit ular dan tidak tahu itu beracun atau tidak, bisa deskripsikan kepada ahli medis. Atau juga bisa dengan menghubungi pihak seperti Sioux ini agar bisa ditanyakan pada dokter yang biasa menanganinya," tambahnya.



Simak Video "Atasi Diare Pertama dengan Buat Cairan Oralit Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)