Minggu, 22 Des 2019 11:20 WIB

Bek Ajax Daley Blind Pasang Alat Bantu Jantung, Dokter Jelaskan Fungsinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bek Ajax Daley Blind (Foto: 20detik)
Jakarta - Bek Ajax Amsterdam Daley Blind diketahui mengalami peradangan otot jantung. Akibat dari hal tersebut, Blind akan absen lama untuk pemulihan.

"Daley Blind telah didiagnosis dengan peradangan otot jantung. Bek tengah itu telah menjalani pemeriksaan medis yang mendalam di beberapa hari terakhir, setelah pusing yang sempat mengganggunya di pertandingan Ajax vs Valencia," tulis pernyataan klub.

Saat ini Blind dipasangi alat bantu jantung defibrilator kardioverter implan subkutan atau implantable cardioverter defibrillator, alat yang mengatasi detak jantung abnormal yang parah. Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci dr Vito A Damay SpJP mengatakan alat ini seringkali digunakan menghantarkan kejut listrik saat terjadi gangguan detak jantung yang berpotensi mengakibatkan henti jantung.


"Biasanya orang yang dipasangi alat ini adalah orang yang pernah serangan jantung, menderita gagal jantung berat, penyakit jantung kardiomiopati atau memang punya kelainan irama jantung," kata dr Vito kepada detikcom, Minggu (22/12/2019).

Diterangkan dr Vito, usia muda sebenarnya jarang sampai harus memasang alat bantu jantung. Namun kondisi kardiomiopati atau kelainan jantung yang mengganggu fungsi jantung bisa menjadi salah satu penyebabnya.

"Jadi ICD bukan untuk mencegah gagal jantung atau serangan jantung. Namun mengatasi irama jantung yang berpotensi menyebabkan henti jantung," pungkasnya.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)