Senin, 23 Des 2019 13:07 WIB

Skincare Tak Harus Mahal, Ini Tips Sederhana Perawatan Kulit Wajah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Skincare tidak harus mahal, ini tips sederhana perawatan kulit wajah. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Punya wajah yang sehat adalah dambaan sebagian besar orang termasuk kaum hawa. Beberapa bahkan melakukan berbagai cara agar wajahnya tampak berseri alami.

Sayangnya banyak juga yang akhirnya tergiur skincare dengan harga murah yang akhirnya menyebabkan efek samping serius. Seperti yang viral baru-baru ini soal penggunaan skincare membuat seorang remaja kena kanker kulit.

"Skincare nggak harus mahal," tegas spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari DNI Skin Center saat dihubungi detikcom, Senin (23/12/2019).


"Basicnya itu pembersihan dulu, bisa menggunakan sabun, toner, cleanser. Kedua sunblock. Variannya banyak ada yang bentuknya gel, spray, atau krim untuk pelindung dan tabir surya," sebutnya.

Ada beberapa tahapan yang memang dianjurkan untuk merawat wajah. Tapi produk dari rangkaian tersebut tak harus mahal sebab efek yang akan timbul juga kurang lebih sama.

"Tidak harus mahal karena bahan itu dengan harga murah pun hasilnya hampir sama," ucapnya.

Selain rangkaian itu, bisa juga menggunakan skincare yang bersifat terapi seperti serum untuk mencerahkan atau dalam hal pengobatan. Misalnya krim malam yang mengandung vitamin A atau lainnya.

"Kalau serum, essence kan harapannya efek terapi misal mencerahkan, melembabkan, glowing. Tapi yang paling minimal adalah tabir surya," pungkasnya.



Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)