Senin, 23 Des 2019 14:45 WIB

Tips Sehat di Jalan Supaya Libur Akhir Tahun Lancar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tips sehat libuan jelang akhir tahun. Foto ilustrasi: shutterstock
Jakarta - Menjelang libur akhir tahun, sebagian orang mungkin akan menghabiskan waktunya untuk berkunjung ke beberapa tempat yang jauh dari kota asal. Untuk liburan ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum bersama teman dan keluarga.

Saat perjalanan bisa muncul rasa pusing, mual, bahkan mabuk yang mengganggu liburan. Untuk mencegahnya, 7 tips liburan sehat ini bisa kamu coba.

1. Lakukan olahraga kecil

Seharian di dalam kendaraan pasti membuat tubuh diam dalam posisi yang sama dengan waktu lama. Saat kamu berhenti untuk beristirahat, kamu bisa lakukan olahraga minimalis seperti berlari kecil.

Kamu juga bisa melakukan gerakan lainnya seperti pemanasan agar tubuh bisa bergerak lebih sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

2. Tidur

Tidur adalah hal yang terpenting saat kamu dan keluarga atau kerabat dekat berlibur. Tubuh memerlukan istirahat setelah bepergian yang menghabiskan waktu yang lama, dengan bawaan yang banyak.

Jika sudah merasa lelah, jangan paksakan tubuh. Sempatkan beberapa jam untuk tidur agar tubuh kembali rileks dan mengobati rasa pegal yang muncul. Tidur juga disebut bisa membuat seseorang tidak mabuk saat di perjalanan.

3. Sisihkan waktu untuk peregangan

Sisihkan waktu untuk melakukan peregangan setidaknya selama 5-10 menit. Renggangkan mulai dari lengan, kaki, leher, bahu, dan punggung. Ini dilakukan untuk melemaskan otot yang kaku selama perjalanan berlangsung.

4. Meditasi

Perjalan selama liburan pasti tidak luput dari yang namanya macet. Biasanya hal ini bisa memancing emosi bahkan sampai bisa marah-marah.

Untuk mengatasinya, coba lakukan latihan pernapasan di mana saja dan kapan saja. Caranya, tarik nafas dalam-dalam, tahan, lalu buang keluar. Kamu bisa ulangi sampai muncul rasa rileks dan tekanan dapat diatasi.

5. Bawa hand sanitizer atau tisu basah

Saat di perjalanan, air dan sabun untuk mencuci tangan akan sulit untuk dijumpai. Tangan kamu tentunya sudah tidak steril untuk menyentuh makanan ataupun minuman yang akan kamu konsumsi.

Cara mudahnya, kamu cukup bawa hand sanitizer ataupun tisu basah untuk membersihkan tangan sesaat sebelum dan sesudah makan. Ini cukup untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri dari benda-benda yang disentuh sebelumnya.

6. Bawa minum yang cukup

Air juga menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa saat perjalanan jauh. Meskipun toilet cukup sulit ditemukan, kamu juga harus tetap minum agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan bisa terhindar dari dehidrasi.

7. Bawa vitamin dan obat-obatan yang diperlukan

Di perjalanan, mungkin akan sulit menemukan makanan atau minuman yang seimbang dan sehat. Jadi, kamu perlu membawa vitamin esensial untuk melengkapi asupan dan menjaga kesehatan tubuh.

Tips liburan lainnya, obat-obatan juga perlu untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan, seperti mual, pusing, ataupun penyakit yang sedang diidapnya. Terutama yang bepergian dengan bus yang sering ugal-ugalan di jalan dan membuat mual.



Simak Video "Mengenal Olahraga Dansa dan Manfaatnya Bagi Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)