Selasa, 24 Des 2019 11:33 WIB

Bukan Sehat, Ini Efek Minum Susu yang Berlebihan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Susu dikenal sebagai salah satu asupan sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh dan tulang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, susu masih menjadi favorit sebagai menu sarapan setiap hari. Tapi, jika tiap hari mengkonsumsinya apa ada efek sampingnya?

Ternyata kandungan yang ada di dalam susu selain menyehatkan bisa membuat beberapa orang sakit. Baik buruknya susu bagi tubuh manusia hingga saat ini masih menjadi kontroversi. Organisasi kesehatan sangat mendukung konsumsi susu karena baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Sementar penelitian lainnya menganggap susu bisa memberikan dampak negatif.

Dikutip dari Boldsky, ini 5 dampak buruk yang terjadi akibat minum susu secara berlebihan.



1. Gangguan pencernaan

Susu yang kaya akan kalsium ternyata bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Sebagian orang yang tubuhnya tidak toleran terhadap laktosa, tidak bisa memecah gula utama yang ada pada susu. Ini menyebabkan perut terasa mual, sakit, mengalami diare, dan penuh bergas. Meskipun gejalanya beragam pada setiap orang, tapi jika kamu mengalami ini segera kurangi asupan susunya.

2. Menambah berat badan

Biasanya susu mengandung 149 kalori, sehingga jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih. Bila kamu merasa susu yang kamu konsumsi menambah berat tubuhmu, segera ganti jenisnya menjadi susu skim yang hanya mengandung 90 kalori.

3. Menyebabkan alergi

Pada orang yang sensitif, terlalu banyak mengkonsumsi susu bisa menyebabkan alergi. Gejala yang terjadi bila mengalami alergi susu, seperti batuk, sakit perut, dan muntah-muntah yang muncul setelah beberapa menit ataupun jam minum susu.

Pada beberapa kasus, alergi susu juga dapat menyebabkan kondisi yang bisa mengancam jiwa seperti reaksi anafilaksis atau alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan mengancam jiwa. Reaksi ini biasa ditandai dengan ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah.

4. Patah tulang

Susu memang mengandung kalsium yang bagus untuk tulang, tapi kalau terlalu banyak malah bisa meningkatkan risiko patah tulang terutama pada wanita. Terlalu banyak mengkonsumsinya justru membuatnya rentan mengalami kepatahan.

5. Mengganggu penyerapan zat besi

Minum terlalu banyak susu bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dan mengurangi efektivitas nutrisi yang memang penting untuk tubuh kita. Masalah ini biasanya terjadi pada anak-anak yang membuat mereka kekurangan zat besi dan anemia. Untuk mengatasinya, batasi konsumsi susu pada anak berusia di bawah 5 tahun tidak boleh lebih dari tiga gelas dalam sehari.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/wdw)