Selasa, 24 Des 2019 12:18 WIB

Lewat Tol Layang Japek, Maksimal Berapa Lama Boleh Menahan Pipis?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jalan tol layang Japek. Foto: Gusti Ramadhan Alhaki
Jakarta - Pada H-1 Natal, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) diprediksi akan mengalami kepadatan. Seperti yang diketahui sebelumnya, di tol layang sepanjang 36,4 km itu tidak tersedia rest area atau SPBU dan toilet. Sehingga siapapun yang melewati jalan tol layang Japek harus siap menahan buang air kecil atau pipis.

Menahan pipis tidak baik bagi saluran pencernaan. Namun jika tak bisa terhindarkan, adakah batas maksimal menahan pipis?

"Sebaiknya menahan pipis 30 menit sampai 1 jam itu sudah maksimal," kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dokter urologi dari RS Mayapada beberapa waktu lalu.



Ada baiknya untuk pipis terlebih dahulu sebelum memasuki tol layang Japek agar tidak harus menahan pipis. Karena dengan menahan pipis, kandung kemih seseorang dapat melar.

Dokter ahli urologi Prof dr Djoko Rahardjo SpB, SpU(K) pernah mengatakan bahwa kondisi ini merupakan kejadian awal hingga terjadi gangguan lebih lanjut, misal infeksi saluran kemih atau kerja pompa kandung kemih yang tidak lancar.

"Kandung kemih yang melar atau overstretch terjadi akibat sering nahan pipis. Jika sudah melar maka risiko terjadi gangguan lain makin besar hingga perlu tindak pengobatan bergantung kondisi pasien," kata dr Djoko di kesempatan yang berbeda.



Simak Video "Apakah Jenazah Pasien Corona Bisa Menularkan Virus? Ini Kata WHO!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/kna)